Hewan Kurban Di Jakarta

Hewan kurban di Jakarta – Membeli hewan qurban kini bisa dilakukan lebih praktis cukup dengan membuka gadget atau PC. Karena ada marketplace hewan qurban terbaik di Indonesia yang menawarkan fasilitas tersebut. Fasilitas baru yang sangat menarik yang memungkinkan pengqurban untuk memperoleh hewan qurban secara realtime tanpa perlu mengunjungi depot atau peternakan. Cukup pesan hewan qurbannya secara online, bayar lunas dan hewan qurban akan langsung dikirimkan.

Hukum hewan kurban di Jakarta Online

Fenomena membeli hewan qurban melalui online mungkin dinilai sebagai cara baru terutama bagi beberapa orang. Namun di zaman sekarang, hal yang kelihatan mustahil pun bisa dilakukan termasuk menjual hewan qurban online. Lantas, apa dan bagaimana hukum qurban online dari kacamata para ulama Indonesia?

Dalam agama Islam, praktik muamalah ini masuk dalam kelompok perwakilan (wakalah). Aktivitas perwakilan ini tidak dilarang baik berdasarkan hukum Hadits maupun Al Quran.

Berdasarkan keterangan Ibnu Qudamah, Al Mughni dikatakan jika para ulama menyepakati perizinan wakalah atas hajat atau dengan tujuan tertentu. Mengingat tidak memungkinkan bagi semua orang untuk melakukan keperluan mereka seorang diri jadi membutuhkan bantuan orang lain untuk melaksanakan hajatnya.

Jadi intinya, melakukan qurban secara online disebut sebagai mubah dengan beberapa syarat di dalamnya. Yang perlu diperhatikan adalah antara tempat jual kurban di Jakarta dengan pembeli sama-sama tidak dirugikan.

Dan bila ingin melaksanakan qurban online, maka tempat yang paling nyaman dan amanah di seluruh Indonesia adalah Kandang Qurban. Kandang Qurban telah hadir sejak 4 tahun dan dipercaya pengqurban Indonesia melalui Qurbanku Berbagi.

Di Qurbanku Berbagi, pengqurban yang membeli hewan qurban dari Kandang Qurban secara tidak langsung telah membagikan hewan qurban ke daerah minim qurban. Daerah-daerah yang tidak atau jarang melakukan qurban di Hari Raya Idul Adha.

4 Larangan kurban yang jarang diketahui

Qurban sejak awal dikenal sebagai ibadah yang dicontohkan oleh salah satu nabi yakni Nabi Ibrahim AS sebagai bukti kerelaan dan keikhlasannya karena mencintai Allah SWT. 

Sebelum kita membeli hewan qurban dari Kandang Qurban, penting bagi pengqurban mengenal 4 larangan qurban di bawah ini:

  • Menjual daging qurban

Melakukan qurban merupakan bentuk amalan bagi para sesama dan bentuk keikhlasan diri sebagai ibadah pada Allah SWT. Jadi ketika ada seorang pengqurban yang kemudian menjual hasil daging qurban untuk kepentingan pribadi maka hilanglah amalan yang akan diperolehnya.

Ada baiknya, jika hewan qurban yang telah diperoleh dari peternak hewan kurban di Jakarta segera di sembelih lalu dagingnya langsung dibagikan para fakir miskin. Hukum dan peraturan tersebut sudah disebutkan dengan jelas di QS. Al-Hajj:28.

Di mana, untuk mendapatkan manfaat dan sebagai ungkapan rasa terima kasih atau syukur akan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT maka lakukan qurban. Pengqurban berhak menikmati daging qurbannya sendiri dan sisanya harus diberikan pada orang fakir dan miskin.

Ada pun larangan menjual daging hasil qurban pun disebutkan oleh Imam Asy Sayfi’i  yang secara tidak langsung mengatakan jika hewan qurban adalah jenis hewan yang sengaja disembelih sebagai ibadah nyata. Ibadah nyata yang dilakukan umat muslim untuk mendekatkan diri pada yang kuasa.

  • Larangan mencukur rambut dan kuku bagi pengqurban

Berdasarkan hadits yang riwayatkan oleh Muslim 5236 dan Abu Daud 2793 secara gamblang mengatakan jika siapa pun yang telah membeli qurban. Jikalau 1 Dzulhijjah maka jangan sekali-kali memotong rambut atau kukunya. Larangan ini wajib dipatuhi hingga proses penyembelihan hewan yang diqurbankannya selesai.

Larangan tersebut telah ada sejak lama dan masih berlaku hingga saat ini, termasuk jika pengqurban membeli hewannya di tempat jual hewan kurban di Jakarta. Larangan memotong rambut bukan hanya rambut yang tumbuh di kepala, namun juga rambut yang tumbuh di ketiak, kemaluan dan kumis atau jenggot.

  • Mengupah penjagal dengan upah yang tidak sesuai

Ali bin Abi Tholid berkata jika Nabi Muhammad SAW memberikan perintah mutlak baginya untuk merawat dengan sebaik mungkin seluruh unta qurban yang dimiliki Rasulullah. Nabi Muhammad SAW berkata jika beliau akan menyedekahkan jilal, kulit dan daging unta.

Namun beliau tidak akan pernah memberikan satu anggota tubuh pun pada penjagal. Terlebih lagi jika itu dimaksudkan sebagai upahnya, karena upah yang akan diberikan pada tukang jagal berasal dari dompet pengqurban sendiri. Dengan kata lain yang harusnya diberikan sebagai upah adalah uang bukannya hanya daging hewan kurban di Jakarta murah.

  • Menggagalkan Hewan Qurban

Larangan ini hampir mirip konotasinya dengan poin pertama, hanya saja perbedaannya hewan qurban yang dijual untuk kepentingan pribadi belum disembelih.  Setelah membeli hewan qurban dan berencana untuk melakukan qurban di Hari Raya Idul Adha maka cobalah untuk tetap konsisten dengan rencana semula.

Jangan sampai karena tertarik akan harga jual hewan qurban yang tinggi, membuat pengqurban membatalkan untuk berqurban justru menjual hewan tersebut. Karena hakikatnya, berqurban adalah ibadah untuk Allah SWT. Akan berbeda bila niat menjual hewan qurban tersebut untuk memperoleh hewan kurban di Jakarta Selatan yang lebih baik.

Sudah jelaskah tentang larangan qurban yang telah disebutkan di atas. Meskipun pemahaman kita tentang qurban sangat terbatas, hendaknya kita tidak melakukan larangan tersebut. Karena dikhawatirkan bisa mengurangi pahala dan amalan yang seharusnya diperoleh dengan menjadi pengqurban.

Ingatlah selalu jika menjadi pengqurban hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, sedangkan membeli hewan ternak bisa dilakukan kapan saja. Jadi jangan sampai menggagalkan qurban karena alasan materi semata.

Karena siapa yang bisa menjamin jika kita akan menemui Hari Raya Idul Adha di tahun berikutnya. Dalam artian umur yang tidak panjang atau justru finansial yang mengalami kebangkrutan sehingga tidak mampu menjadi pengqurban.

Kandang Qurban pelopor penjualan hewan qurban online

Sebagai salah satu negara dengan mayoritas penganut Islam yang tinggi, antusiasme  masyarakat Indonesia untuk berqurban di Hari Raya Idul Adha tidak bisa ditoleransi. Banyak orang yang berbondong-bondong menghampiri peternak hewan kurban di Jakarta untuk membeli sapi atau kambing qurban.

Faktanya, pertumbuhan perekonomian negara dari sektor peternakan di Indonesia terutama menjelang Hari Raya Idul Adha sangatlah besar bahkan mencapai angka 70 triliun. Jika ditotal banyaknya hewan qurban yang dipotong di Indonesia  adalah 1.000.000 ekor. Sedangkan pengqurban aktif yang melakukan qurban di Jakarta mencapai 10%. Angka 10% tentunya bukan jumlah yang sedikit.

Fenomena yang terjadi setiap tahun tersebut dijadikan sebagai ladang bisnis baru oleh Kandang Qurban. Bahkan data yang telah disebutkan sebelumnya merupakan data pribadi yang disebutkan oleh Fajar Tawakal, Pendiri Kandang Qurban.

Lantas, apa saja yang membuat Kandang Qurban menarik dan patut diperhitungkan?

  • Marketplace pertama di dunia yang produk jualannya adalah hewan qurban

Bisnis online sebenarnya bukan barang baru di Indonesia, bahkan kita bisa menemukan banyak marketplace online. Begitu pula yang sedang dilakukan oleh Kandang Qurban yang menawarkan transaksi jual hewan qurban secara online.

Baik saat ini maupun di masa mendatang, Kandang Qurban akan menjadi tempat pertama yang paling banyak dicari dan diakses oleh customer. Terutama mereka yang ingin menemukan hewan qurban langsung dari mitra peternak profesional di tanah air.

Kandang Qurban optimis bisa bersaing dan tumbuh sebagai marketplace terbaik di Indonesia mengingat cara kerja orang Jakarta yang super sibuk. Pekerja Jakarta umumnya tidak memiliki waktu luang untuk menemukan hewan qurban terbaik. Jadi Kandang Qurban akan menjadi magnet yang tepat untuk menyalurkan kebutuhan mereka menemukan hewan kurban di Jakarta online.

Dan faktanya, lonjakan penjualan yang terjadi di Kandang Qurban pun sangat drastis. Aktivitas pembelian yang dilakukan oleh customer terus mengalami peningkatan setiap bulannya dan berada di garis tinggi. Pada awalnya, Kandang Qurban memang hanya khusus mendistribusikan hewan qurban di sekitar Jabodetabek saja.

Tapi kini customer yang berada di NTB, Jawa Timur, dan daerah di Jawa Barat pun bisa menggunakan fasilitas dari Kandang Qurban. Karena pihak Kandang Qurban telah melakukan hubungan kerja sama dengan mitra peternak yang ada di sana.

  • Menawarkan hewan qurban sehat, berkulaitas dan sesuai syariat agama

Karena disebut sebagai hewan qurban, Kandang Qurban selalu menitikberatkan pada kualitas kesehatan dan syarat yang disesuaikan dengan syariat agama Islam. Para mitra peternak pun mengetahui bagaimana cara menjaga kualitas hewan qurban mereka hingga bisa diakui sebagai hewan qurban.

Semakin hari, daftar peternak yang ingin menjalin hubungan dengan Kandang Qurban semakin banyak. Namun, Kandang Qurban hanya memilih mitra yang benar-benar mampu menjaga kualitas hewan qurban mereka termasuk harus berpengalaman dan memiliki sifat amanah.

Karena reputasi yang dibawa dari proses penjualan di Kandang Qurban bukan hanya menyangkut reputasi mitra. Namun juga terkait reputasi Kandang Qurban selaku marketplace hewan qurban paling amanah di nusantara.

  • Semangat membangun pertumbuhan ekonomi mitra peternak di Indonesia

Salah satu alasan Pendiri Kandang Qurban membangun dan mengembangkan bisnis ini adalah untuk membantu pertumbuhan ekonomi mitra peternak sapi. Karena hakikatnya, tiap peternak memiliki impian dan keinginan yang sama yakni sama-sama ingin mapan.

Mapan yang diinginkan pun skalanya berbeda-beda, ada yang ingin mapan di seluruh tanah air ada pula yang ingin mapan hingga mancanegara. Dan alasan lainnya adalah sebagai amalan jariyah bagi mitra peternak berpengalaman dan profesional.

Melalui Kandang Qurban, mitra peternak pun bisa mendapatkan relasi dan pengalaman baru terutama di bidang marketing bisnis. Edukasi tentang pengenalan kualitas dan marketing pasar tentunya sangat dibutuhkan guna meningkatkan hasil penjualan hewan qurban. Karena percuma memiliki modal yang banyak jika kemampuan untuk berternak dan merawat hewan qurban ternyata nol.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Kandang Qurban terdapat dari segi identitas. Di mana Kandang Qurban tidak akan ikut campur atas penentuan harga dan kepemilikan hewan qurban milik peternak. Para peternak yang bergabung pada mitra Kandang Qurban diizinkan sepenuhnya untuk menggunakan identitas pribadinya sebagai media marketing.

Itulah hal menarik yang akan selalu customer terima jika belanja hewan qurban di Jakarta melalui Kandang Qurban. Maka tunggu apalagi, buruan daftarkan akun dan belanja.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp