Harga Kambing Qurban Di Jakarta Timur

Harga kambing qurban di Jakarta Timur – Berbeda dari bahan pokok lainnya, kambing memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa sewaktu-waktu berubah. Akan tetapi, berdasarkan perkiraan per Juli 2019 harga kambing qurban mulai dari Rp 2 juta. Sedangkan untuk kambing premium dengan bobot 50 kg, ditawarkan dengan harga Rp 5 jutaan. Dengan mengetahui perbandingan harganya, kita bisa menemukan jenis kambing yang diinginkan sesuai budget dan kebutuhan.

Panduan beli dan cek harga kambing qurban di Jakarta Timur

Harganya yang mahal membuat beberapa orang berpikir puluhan kali untuk membeli kambing qurban dalam jumlah yang banyak. Tapi, setidaknya dengan seekor kambing pun sudah bisa mendatangkan banyak manfaat dan pahala. Bila dibandingkan dengan hewan qurban lainnya seperti unta dan sapi. Harga kambing qurban jauh lebih terjangkau.

Selain karena harganya murah, ada alasan lain mengapa kambing qurban dipilih:

  • Menjauhkan Dari Risiko Berhutang

Ini karena harga kambing qurban di ibukota jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan sapi yang ukuran dan bobotnya lebih besar. Sebagaimana hari besar keagamaan Islam lainnya, Idul Adha pun hanya diselenggarakan setahun sekali. Supaya memperoleh pahala dan berkah yang melimpah dan menyumbang hewan qurban, kita bisa menambung sejak jauh-jauh hari.

Harga kambing qurban di Jakarta Timur murah, antara lain mulai dari Rp. 2 juta- 5 juta. Angka tersebut mungkin cukup besar bagi beberapa orang, namun bila dikumpulkan jauh-jauh hari tentu bukan mustahil mendapatkannya. Berbeda dengan harga sapi yang jauh lebih mahal sekitar Rp 20 jutaan.

Karena rajin menabung risiko meminjam dana darurat untuk kepentingan qurban pun bisa dihindari. Karena baiknya berqurban tidak dilakukan dengan dana pinjaman, melainkan karena kemampuan finansial yang memungkinkan.

  • Membuka Kemungkinan Terus Menabung

Menyisihkan uang setiap bulan dari gaji pokok merupakan kebiasaan hampir semua orang yang memiliki penghasilan. Tidak heran jika satu orang bisa memiliki 1-3 rekening di bank yang berbeda. Karena sejatinya, rekening tabungan yang dibuat memiliki fungsi yang beragam. Salah satunya adalah untuk tabungan qurban.

Tahun ini mungkin berencana untuk berqurban kambing saja yang harganya lebih murah. Tapi tidak menutup kemungkinan jika tahun-tahun mendatang bisa berqurban sapi atau unta. Ketika uang hasil tabungan qurban ditarik untuk membeli kambing qurban, jangan lantas membiarkan rekening kosong.

Usahakan untuk terus menabung sebagai bekal persiapan berqurban di tahun-tahun yang akan datang. Cobalah untuk bersikap konsisten, setidaknya harus ada kredit yang masuk setiap bulannya. Jika terus diisi dengan  uang tabungan, setidaknya kita bisa rutin menyumbang hewan qurban setiap Idul Adha.

Tips dan syarat memilih kambing qurban

Daftar harga kambing Qurban di Jakarta Timur selalu diperbaharui menjelang detik-detik hari-H. Sehingga pembeli bisa menyesuaikan antara kambing yang ingin dibeli dan tidak, mengingat beda jenis kambing pun bisa mempengaruhi harga. Agar tidak salah membeli kambing qurban, pastikan beberapa syarat dan tips memilih kambing qurban berikut ini:

  • Cek Kesehatan

Membeli hewan jangan di dalam karung, artinya menerima begitu saja tanpa tahu bagaimana kondisinya. Terlepas alasan membeli kambing untuk qurban Idul Adha atau akikah dan acara lainnya, hendaknya periksa terlebih dahulu kondisi fisiknya.

Jika dibutuhkan, mintalah surat keterangan kesehatan dari dinas kesehatan. Dan perhatikan dengan baik beberapa detailnya terutama kondisi mata kambing, apakah kondisinya masih bagus dalam artian tidak buta.

Perhatikan pula bagaimana kondisi kaki dan tangannya, jangan sampai membeli kambing qurban yang pincang. Karena syarat kambing qurban baiknya yang sehat tanpa cacat.

Kambing yang berada dalam kondisi sakit pun patut diperhatikan, jangan sampai kita membeli kambing yang sedang sakit atau mengandung. Inilah mengapa kambing qurban yang ideal adalah kambing jantan.

  • Cari Tahu Usianya

Berqurban kambing qurban berusia 6 bulan bukanlah tindakan yang tepat. Karena minimalnya kambing qurban itu harus berusia 1 tahun dan paling baik jika sudah berusia 2 tahun. Karena di usia 2 tahun itulah, bobot tubuhnya sudah mengalami banyak peningkatan sehingga menghasilkan banyak daging.

Patokan harga kambing qurban di Jakarta Timur online hendaknya jangan dijadikan penilaian mendasar. Usia pun ikut berpengaruh, jadi tidak perlu ragu untuk sering-sering bertanya pada pihak penjual berapa usia kambing qurban yang mereka tawarkan.

  • Hanya Mewakili Satu Orang

Mereka yang memilih kambing qurban sudah harus memahami jika berdasarkan ajaran Islam, kambing setara dengan qurban satu orang.  Maka dari itu, hendaknya membeli kambing qurban berdasarkan kemampuan finansial. Jangan patungan apalagi meminjam dari orang lain. Terkecuali jika hewan yang akan diqurbankan adalah sapi. Sapi qurban bisa dibuat patungan untuk meringankan pengeluaran.

  • Membeli di Tempat Terpercaya

Memilih hewan qurban yang baik juga harus ditimbang berdasarkan dari tempat membelinya. Bukan hanya memperhatikan bagaimana bentuk fisik kambing qurban yang bagus, perhatikan pula pedagang yang menjualnya. Apakah mereka telah mendapatkan izin dari pemerintah.

Akan lebih baik dan aman jika membeli kambing qurban di penampungan maupun peternakan yang bisnisnya sudah terdaftar dan diawasi oleh pemerintah. Dengan demikian, kambing qurban yang akan dibeli pun memiliki daftar riwayat hidup termasuk catatan kesehatan dari dinas.

  • Disembelih Setelah Selesai Salat I’d

Hal sederhana yang banyak dilupakan beberapa orang adalah waktu penyembelihan. Karena terlalu senang telah mendapatkan hewan qurban dengan harga yang bagus lantas jadi lupa jika menyembelih kambing qurban itu tidak bisa dilakukan sebelum salat Idul Adha.

Prosesi penyembelihannya pun tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, harus orang yang benar-benar memahami tata cara penyembelihan kambing qurban. Maka dari itu, tidak jarang proses penyembelihan diawasi oleh pemuka agama.

Tips investasi kambing dan cara dapat harga kambing qurban di Jakarta Timur murah

Menariknya, mereka yang datang ke penampungan atau peternakan untuk bertanya harga kambing qurban di Jakarta Timur terjangkau bukan hanya bertujuan untuk qurban. Beberapa orang bahkan mengaku sengaja membeli kambing qurban lebih dari satu untuk tujuan investasi pasca Idul Adha. Lantas, bagaimana cara investasi yang benar?

  • Banyak Belajar Tentang Hewan Qurban

Apa tujuan investasi kambing, untuk dijual kembali sebagai kambing qurban atau alasan lainnya? bila tujuan utamanya ingin dijual kembali sebagai hewan qurban maka pelajari syarat-syarat kambing qurban dengan benar.  Jangan sampai kambing qurban yang telah dibeli dengan harga mahal justru ditelantarkan.

Karena ada banyak sekali syarat kambing qurban itu, termasuk sehat fisik dan syarat usia. Kambing yang dijual sebagai bentuk investasi tidak akan laku dijual jika tidak memenuhi syarat-syarat utama kambing qurban. Bagaimana pun juga, pembeli hanya mencari kambing qurban yang sesuai dengan syariat Islam.

  • Beli di Depot atau Perkampungan

Jakarta Timur memang termasuk daerah perkotaan dengan banyak gedung yang menjulang tinggi, tapi alih-alih membeli kambing qurban di peternakan kota kita bisa mencarinya di depot ternak.

Tujuannya tentu untuk menekan budget, karena harga kambing qurban di Jakarta Timur di pasaran sangat bervariasi. Selain memastikan harga kambing qurban jauh lebih terjangkau pastikan pula jika depot ternaknya aman tidak ada aksi pelanggaran atau gelonggongan.

  • Beli Beberapa Bulan Sebelum Idul Adha

Cara yang ceroboh untuk memulai investasi adalah membeli hewan qurban beberapa hari menjelang Idul Adha, karena sudah pasti harga jualnya jauh lebih mahal daripada harga biasanya.

Sebelum harga kambing qurban melambung tinggi, pastikan untuk membeli beberapa sebelumnya. Dengan cara ini, kita bisa menghemat modal karena memperoleh kambing qurban yang lebih murah.

  • Beli Kambing Berumur 10 Bulan

Mengapa tidak membeli kambing qurban yang sudah berusia 1 tahun saja? Karena setidaknya dengan membeli kambing 10 bulan kita masih bisa mendapatkan waktu beberapa bulan untuk merawat kambing qurban seorang diri.

Proses penggemukan kambing sangat dibutuhkan untun menunjang laris atau tidaknya kambing qurban yang kita jual. Semakin sehat dan gemuk maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli, semakin banyak pula keuntungan yang akan kita peroleh.

  • Rawat dan Berikan Makanan yang Sehat

Sebagaimana tertulis di poin keempat, proses penggemukan hewan merupakan proses transisi dari kambing muda menuju dewasa. Agar kambing qurban mendapatkan fisik yang sempurna dan pas untuk dijual di Idul Adha selanjutnya, pastikan kondisi kesehatannya dengan memberikan pakan yang cukup.

Dalam tahapan ini, kita bisa melakukan strategi investasi kambing qurban sesuai standar prosedur pemeliharaan hewan ternak yang telah diberlakukan pemerintah. Bukan hanya memberikan kambing qurban makanan yang bergizi dan mencukupi, kita juga perlu memberikannya vitamin penunjang.

  • Jual di tempat yang Tepat

Bila tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk menjual kambing qurban, maka cukup jual di halaman rumah. Biarkan tetangga dan orang sekitar melihat dan mengetahui jika kita sedang berusaha menjual kambing qurban.

Namun, bila berencana untuk menjual kambing qurban di pinggir jalan maka jangan lupa untuk meminta izin lebih dahulu pada pemiliknya. Terkecuali jika lahan tersebut merupakan property kita sendiri. Karena berbeda dari menjual benda mati, kambing qurban adalah benda hidup yang bisa buah air kecil dan besar kapan saja.

Lahan yang awalnya bersih bebas kotoran pun akan menjadi kotor dan berbau tidak sedap. Rasanya jarang sekali ada pemilik lahan yang menerima begitu saja lahannya digunakan sebagai tempat buah air hewan. Maka dari itu yakinkanlah mereka, jika perlu lakukanlah negosiasi.

Semakin banyak investasi kambing qurban yang kita lakukan maka akan semakin bagus pula kondisi bisnis kita. Tapi yang tidak kalah penting adalah mematok harga, jangan sampai kita jual kambing qurban terlalu mahal apalagi bila kualitasnya masih sangat standar.

Harga kambing qurban di Jakarta Timur dari Kandang Qurban

Berapa daftar harga kambing qurban yang ada di Jakarta Timur saat ini? Sebenarnya hal tersebut tergantung dari tempat jualnya, namun di Kandangqurban.com, kami menawarkan harga yang bersaing di pasaran.

Untuk kambing sendiri dijual mulai dari Rp 1,5 jutaan tergantung dari jenis dan bobotnya. Misalnya untuk bobot kambing sekitar 18-25 kg maka merupakan kambing murah yang dijual dengan harga Rp 1,5 jutaan saja. Beda dengan harga kambing qurban di Jakarta Timur dengan bobot 30-32 kg, ditawarkan dengan harga 3 jutaan. Jika ingin cek harga lengkapnya bisa masuk ke halaman Pasar Hewan di situs ini.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp