Qurban Di Jakarta

Qurban di Jakarta – Tidak ketinggalan dengan kota lainnya di tanah air, Jakarta turut merayakan Idul Adha dengan berkurban. Jenis hewan yang disembelih pun sangat beragam, mulai dari kambing, domba, kerbau dan sapi. Menyembelih hewan saat Idul Adha merupakan bagian dari kewajiban umat muslim. Rasanya akan ada yang kurang bila Idul Adha dilalui tanpa menyembelih kambing atau domba, namun dari kedua hewan tersebut mana yang jauh lebih baik?

Perbedaan kambing dan domba qurban di Jakarta yang perlu diketahui

Sekilas keduanya memang tampak mirip, namun keduanya ternyata memiliki ciri fisik yang sangat berbeda. Dan sayangnya, masih sering dilewatkan oleh banyak orang. Padahal dengan mengetahui perbedaan antara domba dan kambing, kita bisa memilih hewan qurban yang lebih baik.

  • Jenggot

Salah satu perbedaan paling mencolok yang bisa kita temukan dengan mata telanjang ketika mencari perbedaan antara kambing dan domba adalah jenggotnya. Sebagaimana yang kita ketahui selama ini, kambing jantan memiliki jenggot yang sangat unik. Beberapa kambing memiliki jenggot panjang atau pendek di bawah dagunya.

Berbeda dengan domba yang bagian bawah dagunya bersih dari jenggot. Jadi ketika masih bingung untuk membedakan antara dua hewan ini, maka cukup lihat keberadaan jenggotnya saja.

  • Celah Bibir

Perbedaan kedua antara hewan qurban di Jakarta online adalah keberadaan celah bibir atas. Jika sebelumnya ciri fisik jenggot dimiliki oleh kambing jantan, maka ciri celah bibir atas ini dimiliki oleh domba. Sedangkan kambing tidak memilikinya, baik itu kambing jantan maupun kambing betina.

  • Tanduk

Sebagai makhluk hidup, beberapa hewan dianugerahi dengan kemampuan khusus untuk menyelamatkan dirinya dari gangguan pemangsa. Tidak berbeda jauh dengan gajah yang memiliki gading atau harimau dengan cakarnya. Kambing dan domba memiliki tanduk sebagai pertahanan diri.

Perbedaannya terletak pada bentuk tanduk mereka. Tanduk domba bentuknya sangat unik karena sekilas mirip seperti bentuk sekrup sedangkan tanduk kambing memiliki gambaran bentuk yang abstrak seolah sedang berputar ke sebelah kiri.

  • Ekor

Memilih hewan qurban di Jakarta murah menjadi sulit ketika kita melihat dan membandingkan antara domba dan kambing. Keduanya sama-sama memiliki sebuah ekor. Meskipun demikian, ekor kambing tampak sangat menarik karena mencuat ke atas, sedangkan ekor domba sebagaimana ekor kuda yang jatuh lurus mengikuti gravitasi.

  • Bau

Salah satu alasan banyak orang yang tidak tahan dengan kambing adalah aroma tubuhnya yang sangat bau. Hal yang lumrah, mengingat kambing memiliki  kelenjar bau yang masing-masing tersebar di setiap kakinya.

Berbeda dengan domba yang tidak mempunyai kelenjar bau, jadi sudah bisa dipastikan jika antara domba dan kambing aroma yang lebih tajam terdapat pada kambing. Sedangkan daging domba tidak terlalu berbau tidak sedap.

Karena aroma mereka yang berbeda, cara memasaknya pun jauh berbeda. Sebelum memberikan bumbu pada daging kambing, kita harus menghilangkan bau apeknya terlebih dahulu agar ketika dinikmati tidak berbau apek dan amis.

  • Telinga

Ketika mampir ke tempat jual qurban di Jakarta jangan ragu untuk memperhatikan kondisi telinga dari masing-masing hewan terutama hewan yang mirip yakni domba dan kambing. Hampir semua jenis kambing memiliki telinga yang panjang dan terjuntai ke bawah. Pada domba, telinganya lebih tegak ke atas sebagaimana karakter telinga manusia.

  • Cara Makan

Bila bicara tentang bagaimana cara kedua binatang darat ini makan. Ternyata meskipun sama-sama populer sebagai hewan karnivora domba dikenal lebih fleksibel. Domba bisa memakan jenis makanan apa saja dengan lahap termasuk rumput. Sedangkan kambing tidak begitu bernafsu jika diberikan pakan selain dedaunan segar dan pucuk daun. Uniknya lagi cara makan mereka berbeda, kambing lebih suka makan dengan postur tubuh yang setengah berdiri sedangkan domba lebih suka makan rumput yang pendek-pendek.

  • Bulu

Perbedaan paling mencolok antara domba dan kambing qurban di Jakarta terletak pada bulunya. Bulu kambing pada dasarnya pendek-pendek jadi peternak tidak perlu mengeluarkan waktu tertentu untuk mencukurnya. Selama ini domba dikenal sebagai hewan berbulu dengan karakter bulu yang sangat unik yakni keriting. Hasil bulu domba yang telah dicukur selanjutnya akan diproses menjadi wol untuk dibuat menjadi berbagai barang termasuk pakaian.

  • Kandungan Gizi

Bila bicara lebih jauh setelah kambing dan domba diolah dan menjadi makanan maka kita secara tidak langsung akan menemukan perbedaan pada kandungan gizinya. Berdasarkan Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI mengatakan jika kandungan gizi 100 gram domba jauh lebih baik bila di-compare dengan kambing dalam kadar yang sama.

100 gram daging domba itu meliputi 14.8 gram lemak, 206 kalori, 17,1 g protein, 2.6 mg zat besi, vitamin B1, fosfor dan lainnya. Ketika ditilik dan dibandingkan, kadar zat besi, fosfor, vitamin B1 juga protein dalam domba lebih banyak dari daging kambing.

Satu hal yang baik dari daging kambing adalah kadar kolesterol  dan lemak yang lebih rendah daripada daging domba. Dalam 85 gram daging kambing hanya mengandung 63.8 mg kolesterol sedangkan pada daging domba terkandung 78.2 mg dengan jumlah daging yang sama.

  • Tekstur

Untuk urusan bau dan nilai nutrisi, mengonsumsi domba qurban di Jakarta jauh lebih baik daripada kambing. Dan itu juga berlaku pada teksturnya, di mana tekstur dari daging domba jauh lebih lembut daripada kambing.

  • Cara Memasak

Karena daging domba jauh lebih berlemak bila di-compare dengan kambing, maka paling cocok diolah menjadi gulai karena lemak alaminya akan menambah kekentalannya. Dan selain dimasak menjadi gulai, kita masih bisa mencoba berbagai resep lainnya termasuk sup maupun tongseng.

Ketika memiliki daging kambing di rumah maka cara pengolahan yang paling cocok adalah dengan mengubahnya menjadi nasi kebuli atau nasi mandhi. Keduanya merupakan jenis makanan khas Timur Tengah yang terjamin kelezatan rasanya.

Mengenal jenis domba dan jenis kambing

Setelah mengenal perbedaan dari kambing dan domba yang ada di tempat jual kurban di Jakarta, kita tentu penasaran dan ingin mengetahui apa saja jenis-jenisnya. Berikut ini jenis-jenis kambing dan domba yang sering kali dikurbankan saat Idul Adha:

  • Kambing Boer

Beberapa orang Afrika mungkin sangat familier dengan Idul Adha, karena berdasarkan informasi, sekitar 35% orang Afrika menganut muslim sedangkan 50% beragama Kristen dan 15% memilih memeluk agama Afrika asli.

Orang muslim Afrika sama seperti muslim Indonesia yang sama-sama menyembelih kambing ketika berkurban. Dan jenis kambing yang disembelih adalah kambing boer yang berasal dari benua Afrika. Kambing ini memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik dan proses pertumbuhan yang cepat. Kita bisa mendapatkan banyak kambing boer dalam satu tahun dengan kualitas yang unggulan dan mampu menghasilkan banyak daging ketika disembelih.

  • Domba Priangan

Merupakan salah satu jenis domba yang asli dikembangkan di negara kita sendiri, jadi bila bicara tentang harga qurban di Jakarta mungkin jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan yang lainnya. Domba ini memiliki ciri fisik yang cukup besar dengan karakter tanduk yang tajam.

Selain menjadi domba pedaging, domba Priangan kerapkali dimanfaatkan oleh warga sekitar terutama di daerah Garut untuk adu domba (pesat kebudayaan). Tidak heran jika harganya lebih mahal, karena kekuatan fisiknya memang mampu diadu dengan jenis domba lainnya.

  • Kambing Etawa

Kambing dari India yang sangat populer di Indonesia adalah kambing etawa. Saking populernya banyak sekali peranakan dari kambing etawa yang sengaja dilakukan peternak Indonesia.

Kambing etawa tampak sangat besar dan mampu memproduksi susu cukup banyak setiap harinya. Jadi ketika musim kurban sudah usai, kambing etawa akan kembali menjadi kambing penghasil susu atau daging pedaging di beberapa pasar dan supermarket.

  • Domba Merino

Selain domba dari Garut, kita juga mengenal domba merino. Domba ini hidup dan berkembang dengan sangat baik di benua Eropa, Australia dan beberapa negara Asia. Hampir sama seperti domba priangan, domba ini juga memiliki ciri fisik yang sangat kuat dan besar dengan bulu yang super lebat.

  • Kambing Jawa

Selanjutnya dari jenis kambing adalah kambing Jawa. Kambing ini sama-sama populer di Indonesia sebagai kambing qurban. Meskipun dari segi fisik kalah jauh dari kambing etawa, masih banyak orang yang lebih tertarik untuk berkurban dari kambing jawa. Mereka menilai jika jumlah daging yang dimiliki oleh kambing Jawa jauh lebih banyak dan bebas lemak, cocok sekali bila diolah menjadi aneka makanan kering seperti sate.

  • Kambing Saanen

Jenis kambing terakhir adalah kambing saanen yang hidup dan berkembang biak dengan sangat baik di benua Eropa tepatnya di Swiss. Karena semasa hidupnya lebih banyak menerima iklim dingin. Kambing saanen sangat lemah bila diimpor ke negara tropis termasuk di Indonesia, kambing ini tidak bisa kena sinar matahari dalam waktu panjang.

Jadi untuk membantu meningkatkan taraf hidup kambing saanen, peternak akan membantu persilangan antara kambing saanen dengan kambing lokal. Kambing ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai hewan kurban tapi juga mampu menjadi kambing penghasil susu yang baik.

Setelah mengetahui perbedaan antara kambing dan domba, sudah punya gambaran mau membeli hewan apa untuk kurban? Keduanya sama-sama menarik dan memiliki keistimewaan tersendiri. Kita harus menetapkan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Bahkan ketika dimasak pun, keduanya sama-sama lezat dan membuat selera makan meningkat. Mau pilih kambing etawa atau domba, pastikan membeli hanya di tempat jual kambing dan domba yang terpercaya di Jakarta. Sebelum membeli, akan lebih baik bila membandingkan harganya terlebih dahulu jangan sampai mengalami kerugian.

Pesan hewan kurban di Kandang Qurban Jakarta

Tidak perlu repot lagi jika ingin mencari dan mendapatkan kambing atau sapi serta hewan kurban lainnya untuk lebaran Anda. Di sini kami menyediakan berbagai macam jenis hewan kurban yang siap untuk dikurbankan di Idul Adha maupun kurban untuk aqiqahan.

Anda bisa membeli secara online atau offline. Semua hewan kurban yang kami miliki terbukti sehat dan memenuhi persyaratan hewan kurban sesuai syariat Islam. Silahkan hubungi nomer kontak kami untuk beli qurban di Jakarta ini.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp