penjual sapi qurban di jakarta

Penjual sapi qurban di Jakarta – Karena alasan tertentu beberapa orang lebih suka membeli sapi qurban daripada hewan qurban lainnya. Tidak hanya menghasilkan daging qurban yang banyak, sapi pun dinilai lebih utama daripada berqurban kambing. Dari seekor sapi qurban, kita bisa memberikan lebih banyak daging qurban ke fakir miskin dan orang lain yang membutuhkannya.

Manfaat qurban dan fenomena penjual sapi qurban di Jakarta

Dari kecil kita sudah diceritakan tentang kisah Nabi Ismail dan Ibrahim. Ismail adalah putra tersayang Nabi Ibrahim yang keberadaannya sangat ditunggu-tunggu. Namun karena perintah Allah SWT, Nabi Ibrahim harus mengorbankan Nabi Ismail untuk disembelih.

Tapi berkat kemurahan hati Allah SWT setelah melihat pengorbanan yang dilakukan Nabi Ismail dan ketaatan Nabi Ibrahim, diubahlah Nabi Ismail dengan seekor domba. Hingga kemudian dikenal sebagai peristiwa qurban yang selanjutnya dilestarikan setahun sekali dalam hari raya Idul Adha. 

Di mana, umat muslim diperintahkan untuk berqurban hewan entah itu unta, sapi, domba maupun kambing. Lantas, dibalik peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sesungguhnya apa saja makna dari qurban?

  • Belajar Berbagi

Seperti hitam dan putih, perbandingan antara kaya dan miskin suatu hal yang tidak bisa kita hindari. Jangankan bicara negara, dalam satu keluarga besar yang terdiri dari beberapa kepala keluarga pun bisa dilihat perbedaan antara keluarga yang kaya dan serba kekurangan dengan sangat jelas.

Idul Adha dianggap sebagai salah satu momen baik yang akan menjadi jembatan penghubung antara si kaya dan si miskin. Yang kaya akan menyumbangkan hewan qurban termasuk sapi qurban lalu yang kekurangan akan menerima sapi qurban yang telah disembelih dan dibagi secara merata dagingnya.

Inilah mengapa yang diizinkan untuk berqurban hanya mereka yang mampu secara finansial saja. Yang tidak mampu tidak diwajibkan atau bahkan memaksakan diri.

Di antara kedua peran tersebut, ada satu tokoh yang kehadirannya tidak kalah penting yakni penjual sapi qurban di Jakarta murah. Melalui perantaranya, kita bisa mendapatkan sapi qurban dengan kualitas terbaik dan terfavorit. Jenis sapi yang dijual pun sangat beragam, tidak hanya satu jenis saja.

  • Belajar Menjadi Ikhlas

Mengurbankan sapi bukan perkara mudah, karena harga tiap ekor sapinya pun sangat mahal mulai dari Rp. 18 juta-20 juta. Melihat harganya yang fantastis tidak heran jika beberapa orang lebih memilih untuk berqurban kambing yang lebih murah.

Tapi dari sinilah Allah SWT akan melihat seberapa ikhlas atau tidaknya qurban yang kita lakukan. Jika tujuan sapi qurban hanya untuk gengsi tapi dalam hati sama sekali tidak ikhlas maka sama saja tidak akan mendapatkan pahala. Berbanding terbalik jika membeli sapi qurban disertai dengan hati yang lapang dan tulus ikhlas memang ingin berqurban karena taat dengan perintah Allah SWT. Bukan hanya mendapatkan pahala, tapi kita pun akan memperoleh banyak kebahagiaan.

  • Mendekatkan Diri Pada Sang Pencipta

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berserah diri pada Allah SWT. Salah satunya dengan berqurban, mengingat peristiwa qurban yang populer pun berasal dari rasa taat Nabi Ibrahim pada Allah SWT. Karena terlalu taat, Nabi Ibrahim bahkan rela menyembelih anaknya sendiri meskipun akhirnya Nabi Ismail diubah menjadi seekor hewan.

Atas peristiwa penting itulah, kita pun bisa menjadi taat sebagaimana Nabi Ibrahim dengan menyumbang sapi qurban. Jika bingung mau membelinya di mana, maka cukup kunjungi penjual sapi qurban di Jakarta Barat. Di Jakarta Barat ada banyak depot ternak dan penampungan sapi qurban yang menawarkan sapi gemuk-gemuk dengan harga masuk akal.

Keunggulan sapi Bali untuk qurban

Termasuk salah satu jenis sapi qurban yang paling banyak diminati, sapi Bali ternyata memiliki berbagai keunggulan bila dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

  • Daging Lebih Tebal

Alasan utama mengapa sapi Bali sangat digemari di Indonesia karena tekstur dagingnya yang lebih tebal. Bila dicompare dengan sapi jenis lainnya, sapi ini menghasilkan 60% daging sedangkan sapi lokal sekitar 55%.

Meskipun posturnya sangat besar, tulang penyangga tubuhnya kecil sehingga ketika disembelih kita akan menemukan daging yang besar dan tebal-tebal. Itulah mengapa, banyak orang yang rela membeli sapi Bali untuk berqurban karena dari segi kualitas dan kelimpahan dagingnya tidak perlu diragukan lagi.

  • Lebih Jinak

Tujuan utama membeli sapi qurban Bali adalah untuk disembelih lalu diambil dagingnya dan dibagikan ke semua orang yang tidak mampu. Lantas mengapa jinak dan tidaknya sapi perlu dipertimbangkan?

Hal ini berhubungan dengan proses penyembelihan sapi qurban, menyembelih sapi berbeda dengan memotong ayam yang jangkauan lehernya sangat kecil. Sapi Bali memiliki kepala yang besar, dibutuhkan banyak tenaga untuk dapat menyembelihnya dengan cara yang benar.

Namun, dengan membeli sapi Bali setidaknya kita telah menolong penjagal. Sapi jenis ini jauh lebih jinak sehingga bisa dikendalikan dengan baik terutama saat prosesi penyembelihan berlangsung. Sapi Bali tidak akan mengamuk bahkan melukai penjagal dan semua orang yang terlibat dalam prosesi penyembelihan karena tubuhnya tidak akan bergerak seaktif jenis sapi lainnya.

  • Harga Terjangkau

Keistimewaan membeli sapi qurban dari penjual sapi qurban di Jakarta online adalah harga yang terjangkau. Selain mampu mendapatkan daging yang tebal-tebal, kita pun bisa memperoleh harga yang lebih terjangkau.

Rata-rata harga per kilo sapi Bali yang dijual di pasaran adalah Rp 62 ribu, harga ini lebih murah Rp 3 ribu-8 ribu dari harga sapi lokal dengan berat yang sama. Meskipun perbandingan harganya tidak lebih dari Rp 10 ribu, tapi bila dikalikan menjadi berkilo-kilo maka perbandingan harganya akan lebih banyak.

  • Dapat Diolah Menjadi Aneka Makanan

Keunggulan lain membeli sapi Bali untuk qurban Idul Adha adalah memungkinkan penerima daging mengolah berbagai jenis daging sapi menjadi makanan yang diinginkan. Sapi Bali bisa diolah menjadi rendang maupun bakso yang lezat, bisa juga dibuat menjadi makanan lezat lainnya.

Berbanding terbalik dengan sapi lokal yang hanya bisa diolah menjadi rendang saja, sapi lokal rasanya tidak akan lezat bila diolah menjadi bakso. Sangat kontras sekali dengan sapi impor brahma cross yang hanya bisa diolah menjadi bakso sedangkan untuk jenis makanan lainnya tidak begitu lezat.

Ciri-ciri Sapi Bali qurban

  • Spesifikasi berdasarkan warna kulitnya

Ketika mengunjungi penjual sapi qurban di Jakarta terbaik untuk membeli sapi Bali maka perhatikan spesifikasi warna kulitnya. Sapi Bali jantan yang usianya 12 bulan umumnya berwarna hitam, ini yang belum dikebiri sedangkan yang sudah dikebiri akan berubah warnanya menjadi merah bata.

Kita juga bisa memperhatikan warna kaki dan pantatnya, meskipun hampir semua permukaan kulit sapi berwarna hitam atau merah bata namun untuk kedua bagian tersebut memiliki warna putih. Dan bagian bahan dalam pun berwarna white mirror.

Sedangkan untuk anakan dan sapi Bali betina, mereka memiliki warna kulit yang berbeda dari sapi jantan. Keduanya memiliki warna merah bata dan untuk sapi betina warnanya tidak akan mengalami perubahan seiring pertumbuhan dan perkembangan usianya.

Karena anakan sapi berwarna merah bata jangan sampai kita keliru dengan membeli sapi anakan yang usianya masih muda. Penting sekali untuk aktif bertanya pada penjual sapi demi mengetahui karakter sapi yang akan kita beli.

Apakah sapi jantan dewasa merah bata atau justru sapi Bali anakan? Karena usia sapi qurban pun menjadi syarat wajib qurban Idul Adha, kita tidak bisa seenaknya menyembelih sapi qurban yang masih muda.

  • Warna Kuku

Ciri fisik lainnya yang bisa lihat dari sapi Bali adalah warna kukunya. Sapi Bali Jantan yang sudah dikebiri kulitnya berwarna merah bata, meskipun demikian warna kukunya tidak berubah. Kuku sapi Bali tetap berwarna hitam dengan corak putih di tarsal dan bawah persendian karpal.

Jika warna kuku yang kita lihat berbeda, sangat memungkinkan jika sapi tersebut bukanlah sapi Bali. Namun untuk memastikan lagi, tidak ada salahnya bertanya pada pihak penjual sapi qurban di Jakarta Selatan. Dengan demikian, kita tidak akan salah menyimpulkannya.

  • Tidak Berpunuk

Ciri khas lainnya dari sapi Bali yang bisa menjadi pembeda paling jelas dari sapi lainnya adalah keberadaan punuk. Sapi Bali umumnya tidak dilengkapi dengan perkembangan punuk, mereka memiliki postur tubuh yang lebih pendek dan kaki-kaki yang ramping.

  • Ciri Fisik Lainnya

Bila bicara tentang ciri fisik lainnya kita masih bisa menilai dari bagian ujung hidungnya. Ujung hidung sapi Bali bukan berwarna merah bata atau putih, namun berwarna hitam. Sama halnya dengan warna punggung di ujung ekornya, warnanya pun menyelaraskan dengan warna dasar sapi Bali dewasa yakni warna hitam.

Ketika melihat ciri fisik dan keunggulan dari sapi Bali secara otomatis kita menjadi tertarik untuk berqurban sapi tersebut. Jenis sapi tersebut memang sangat populer beberapa tahun belakangan, terutama karena keistimewaan dan harganya.

Belajar tentang sapi qurban bisa berasal dari mana saja, tidak hanya dari buku panduan peternakan bahkan kita bisa belajar dari internet. Tidak sedikit pula orang yang memilih belajar dan banyak bertanya dari penjual sapi qurban. Karena merekalah yang selama ini berkecimpung di bisnis peternakan sapi qurban.

Penting bagi para konsumen  untuk menemukan penjual sapi qurban terbaik di ibukota. Karena meskipun harga yang ditawarkan lebih terjangkau, kita juga harus memastikan apakah sapi qurban tersebut benar-benar sesuai dan memenuhi syarat qurban. Jangan sampai merasa menyesal dan kecewa setelah membayar sapinya dan baru belakangan diketahui jika sapi Bali tersebut belum memasuki usia qurban.

Penjual sapi qurban di Jakarta terbaik

Kandangqurban.com merupakan penjual sapi pilihan untuk qurban yang diseleksi secara khusus sehingga hanya menawarkan hewan-hewan qurban yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Kami juga terdiri dari para peternak sapi berkualitas yang memiliki banyak sekali jenis sapi untuk qurban termasuk jenis sapi Bali atau sapi Bima dan sebagainya.

Jika Anda saat ini ingin qurban sapi atau kambing bahkan hewan ternak lainnya seperti domba, maka jangan ragu menghubungi Kandangqurban. Kami merupakan platform online terpercaya yang menghubungkan para penjual sapi qurban di Jakarta dan daerah Indonesia lainnya dengan pembeli hewan qurban. Alamat kantor pusat kami sendiri ada di Jakarta Selatan.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required