Hewan Qurban Depok

Hewan qurban Depok – Pertimbangan membeli hewan qurban dilihat dari beberapa aspek salah satunya aspek kesehatan. Karena menurut ketentuan islam, tidak dibolehkan memotong hewan qurban yang sakit. Oleh karena itu, periksa kembali catatan medis dari tiap-tiap hewan qurban sebelum memutuskan untuk membayarnya.

Tidak ada salahnya untuk menjadi pembeli yang lebih jeli dan cerdas, karena hewan yang akan dibeli pun untuk kebutuhan qurban. Daripada menanggung tanggung jawab karena telah salah membeli hewan qurban yang penyakitan.

 Akan lebih baik bila banyak bertanya pada penjual. Penjual yang baik tidak akan merasa terganggu mereka justru merasa senang dengan antusiasme dari pembeli.

Jenis-jenis Penyakit yang Menginvasi Hewan Ternak

Penyakit yang bisa menyerang hewan ternak pun sangat beragam, setidaknya ada tiga jenis antara lain penyakit antraks, cacing hati dan PMK (penyakit mulut dan kuku). Selengkapnya tentang penjelasan ketiga penyakit tersebut simak berikut ini.

  • Antraks

Antraks sifatnya zoonosis, di mana manusia yang mengkonsumsi sapi, domba maupun kambing berisiko tinggi kehilangan nyawanya. Catatan medis yang dimiliki masing-masing hewan ternak akan membantu kita mengenali jenis hewan yang sehat atau memiliki penyakit.

Penyakit antraks bukan disebabkan oleh virus melainkan oleh bakteri Bacillus anthracis. Proses penularan penyakit antraks dari hewan ke manusia terjadi ketika manusia menyentuh hewan tersebut maupun mengkonsumsinya.

Hewan yang mengalami penyakit antraks akut bisa mati karena mengalami pendarahan yang sangat parah pada otaknya. Dan supaya kita bisa lebih waspada agar ketika belanja hewan qurban Depok murahtidak membeli sapi penyakitan, perhatikan beberapa ciri-ciri hewan yang memiliki penyakit antraks berikut ini.

  • Demam tinggi hingga suhu hewan mencapai angka 42oC
  • Tampak gelisah
  • Memiliki luka terutama pada lidahnya.
  • Pendarahan yang ditandai dengan darah encer maupun pendarahan berwarna kehitaman.
  • Sesak napas
  • Pembengkakan pada beberapa bagian tubuhnya terutama pada perut, leher serta dada.

Itulah sedikit penjelasan tentang ciri-ciri hewan ternak yang mengalami penyakit antraks. Bila seorang peternak menemukan hewannya mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera diambil tindakan agar tidak menular pada manusia.

Hewan ternak yang memiliki penyakit antraks, bisa mati kapan saja minimal 1-3 hari setelah menunjukkan beberapa gejala atau ciri-ciri di atas. Gejala ringan tidak membutuhkan pengobatan yang terlalu lama karena umumnya bisa disembuhkan dengan cepat.

Sayangnya, jarang sekali kasus hewan ternak yang sembuh dari penyakit antraks. Hewan yang sudah positif antraks, tidak bisa disembelih bahkan dijual. Bangkai hewan pun harus diperhatikan dengan baik, harus segera dikubur dengan baik jadi tidak ada sisa bakteri yang bisa menjadi cikal bakal antraks.

Sebagai informasi, daging hewan yang positif antraks akan berwarna kehitaman. Sebelum mengunjungi tempat jual hewan qurban Depokseorang pengqurban harus sudah memahami ciri-ciri atau gejala hewan yang terinfeksi antraks.

  • PMK

Berbeda dari penyakit antraks yang memiliki beberapa gejala, penyakit PMK bisa langsung diindikasikan setelah kita melihat kondisi kuku dan mulut hewan. Mengapa demikian? karena hewan yang terinfeksi PMK, umumnya memiliki bercak luka atau koreng baik pada kuku maupun mulutnya.

Beda dari antraks yang penyebab utamanya adalah bakteri, PMK disebabkan oleh virus. Nama virusnya sendiri diambil dari familia Picornaviridae. Yang bisa menular dengan sangat cepat. Virus ini tidak hanya menular pada kambing, domba maupun rusa, tapi turur menyerang hewan berkuku genap lainnya.

  • Cacing Hati

Berbeda dari PMK, mendeteksi penyakit cacing hati jauh lebih sulit. Tidak banyak ciri fisik yang bisa mengindikasikan seekor hewan memiliki cacing hati. Kita mungkin hanya bisa melihat dan menilainya berdasarkan ciri umum.

Hewan yang mengidap penyakit ini umumnya mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badannya. Bulu hewan cenderung lebih kusam dan tampak tidak terawat.

Tapi berbeda dari penyakit antraks yang daging hewannya tidak boleh dikonsumsi sama sekali karena telah terpapar bakteri. Daging hewan qurban yang terjangkit penyakit cacing hati masih bisa dikonsumsi, tentunya tidak termasuk hatinya.

Karena kondisi hati dari hewan qurban yang mengidap cacing hati sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Sudah tercemar dengan gigitan cacing yang menjadi parasit sejak hewan qurban masih hidup.

Sebelum belanja hewan qurban Depok, kenali lebih dahulu ciri hewan sakit

Edukasi tentang kesehatan hewan qurban yang dipahami oleh pengqurban sangat terbatas. Beberapa orang mungkin mengenal, apa itu penyakit antraks? Tapi bukan berarti mengenali ciri-ciri hewan yang terinfeksi.

Sebelum membayar hewan qurban yang dibeli, perhatikan apa hewan tersebut menunjukkan gejala penyakit berikut ini.

  • Bulu Berdiri

Bila tertarik membeli hewan qurban ada baiknya jika perhatikan dengan baik bagaimana kondisi hewan tersebut. Jangan lupa lihat juga kondisi bulu hewannya. Hewan yang bulunya berdiri diyakini tengah mengidap penyakit tertentu.

Pengetahuan sederhana ini sudah dikenal dengan sangat baik oleh pedagang jual hewan qurban Depok onlinemaupun peternak yang berdagang secara langsung.

  • Mengantuk

Di pikiran positif kita saat melihat sapi atau kambing yang tidur adalah sapi sedang sangat mengantuk. Padahal, ada beberapa gejala penyakit yang diindikasikan dengan tidur terus menerus.

Untuk mengenali ciri ini kita harus lebih teliti lagi, jangan sampai salah mengartikan kondisi sapi tersebut. Karena tidak semua sapi yang sedang beristirahat itu sapi yang sehat fisiknya.

  • Kotoran Tidak Padat

Pada manusia, mungkin kita mengenal ciri penyakit tersebut sebagai penyakit diare. Di mana kotoran cair bahkan paling parah bisa mengeluarkan darah. Menariknya, hewan ternak pun bisa mengalami kondisi sakit seperti ini.

Kotoran hewan yang sedang sakit umumnya bertekstur cair, berbeda dengan sapi atau kambing yang sehat dan bugar. Kotoran mereka tampak sangat bagus dan padat.

  • Sapi Dikerumuni Sekawanan Lalat

Ciri terakhir ini paling banyak dialami oleh sapi daripada domba maupun kambing. Para peternak sapi umumnya berusaha dengan baik menjaga kondisi kesehatan sapinya supaya tidak menunjukkan gejala ini. Apalagi bila sapi bermaksud di bawa ke pasar hewan qurban Depok.

Sapi yang tampak dikerumuni oleh kawanan lalat, memiliki indikasi kuat sedang sakit. Jadi bila melihat gejala ini, hendaknya tidak memilih sapi tersebut.

Itulah penjelasan mendetail seputar penyakit yang seringkali terjadi pada sapi, kambing maupun domba. Mengkonsumsi daging sapi yang sedang sakit bisa menimbulkan kerugian bagi manusia bahkan mengakibatkan kematian.

Sebelum membeli sapi atau hewan qurban lainnya dari tempat jual qurban di Depok, cari tahu tentang riwayat kesehatannya. Tidak terkecuali bila tertarik membeli hewan qurban secara online.

Dengan memahami hal-hal yang kecil akan memberikan manfaat begitu besar. Terlebih hewan qurban bukan untuk dikonsumsi seorang diri melainkan untuk dibagikan juga pada fakir miskin. Jangan sampai akibat menyembelih hewan qurban yang sakit menyebabkan fenomena kesehatan massal. Usahakan untuk selalu sedia payung sebelum hujan. 

Inilah Fakta Menarik Tentang Kandang Qurban

Geliat kehadiran marketplace di tanah air sebenarnya telah terekam sejak lama. Tapi, dalam beberapa tahun terakhir marketplace yang hadir lebih banyak menawarkan produk rumah tangga atau barang pribadi. Tidak ada marketplace yang menjual hewan qurban, padahal pertumbuhan pengqurban setiap harinya semakin tinggi.

Beruntungnya, pengqurban saat ini bisa berbelanja hewan qurban secara online di marketplace nomor satu yakni Kandang Qurban. Kandang Qurban memfasilitasi pengqurban yang ingin menemukan dan membeli hewan qurban yang berkualitas dan sehat. Sebelum belanja di Kandang Qurban, simak terlebih dahulu fakta menarik tentangnya berikut ini.

  • Didirikan Untuk Memfasilitasi Peternak Indonesia

Kandang Qurban merupakan, salah satu situs jual beli hewan qurban Depok yang menyediakan fasilitas lengkap untuk peternak dan pembeli. Karena sejak awal, situs ini berdiri guna membantu peternak untuk mempromosikan hewan qurban mereka.

Dengan promosi online diharapkan penjualan hewan qurban bisa menjadi berlipat ganda dan memberikan kesejahteraan pada seluruh peternak Indonesia. Dengan cara ini, peternak pun bisa lebih semangat untuk terus membudidayakan hewan ternak yang berkualitas.

Fasilitas online yang diberikan dari Kandang Qurban memungkinkan peternak berhubungan dengan seluruh konsumen di Indonesia. Dengan demikian, mitra peternak akan memiliki lebih banyak pelanggan setia. Yang akan membeli hewan qurban untuk kebutuhan lebaran Idul Adha maupun kebutuhan qurban lainnya.

  • Situs Belanja Hewan Qurban Pertama Di Dunia

Menjual hewan qurban di pasar hewan qurban Depok memang akan membuka cakrawala kesuksesan seorang peternak hewan qurban. Namun ruang cakupannya masih belum cukup. Untuk menjangkau semua wilayah, pilih promosi secara online melalui Kandang Qurban.

Kandang Qurban merupakan pelopor dari penjual hewan qurban berkualitas di dunia. Kehadiran marketplace hewan qurban saat ini memang semakin banyak, tapi tidak ada yang bisa menampik jika Kandang Qurban yang menjadi pencetus utama.

  • Menawarkan Kemudahan Transaksi Online

Bila dibandingkan dengan situs belanja hewan qurban lainnya, Kandang Qurban memiliki banyak keunggulan termasuk kemudahan transaksi. Untuk belanja di Kandang Qurban pembeli hanya perlu mengisi formulir pemesanan saja.

Di isian formulir pemesanan, pembeli wajib menyebutkan nama, alamat, nomor telepon dan alamat email. Detail tentang rincian belanja biasanya tertera di bagian bawahnya. Cara pemesanan online di situs Kandang Qurban memang semudah itu. Namun, bila ada pertanyaan tentang pemesanan dan pengiriman pengqurban cukup menghubungi customer service Kandang Qurban.

  • Mengusahakan Pengiriman Super Cepat

Proses pengiriman di Kandang Qurban berlangsung dalam waktu super singkat. Pembeli yang memesan akan langsung mendapatkan data terbaru dari kondisi hewan qurban yang dipesannya. Termasuk proses pengirimannya, Kandang Qurban akan mengirimkan informasi terbarunya melalui pesan WhatsApp maupun melalui alamat email.

Bicara tentang fakta Kandang Qurban ternyata sangat menyenangkan, apalagi bila Anda termasuk pengqurban yang cukup aktif. Membeli hewan qurban secara online di Kandang Qurban mungkin akan menjadi pengalaman pertama bagi Anda. Dengan pelayanan optimal yang kami berikan, Anda tidak perlu merasa khawatir atau cemas.

Kandang Qurban menjanjikan hewan qurban paling berkualitas yang bisa dibeli kapan saja dan di mana saja. Cukup daftarkan akun Anda untuk agar bisa lebih banyak berinteraksi atau belanja di www.kandangqurban.com.

Hari Raya Idul Adha memang telah usai, namun semangat untuk berqurban di tahun mendatang tetap berkobar. Pastikan dapatkan hewan qurban Depok hanya di Kandang Qurban. Kandang Qurban memfasilitasi seluruh pembelian hewan qurban secara online hingga sampai di tangan pembeli.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp