kandang kambing

Kandang kambing – Bila burung memerlukan sangkar maka kambing membutuhkan kandang untuk bernaung. Kandang sebagai tempat tinggal kambing nyatanya banyak jenisnya, ada kandang khusus untuk para pejantan. Tapi, ada pula kandang yang diberikan untuk indukan bahkan kandang untuk proses penggemukan kambing. Karena fungsinya yang berbeda, apakah masing-masing kandang tersebut dibuat dengan ukuran dan material yang berbeda?

Jenis dan ukuran kandang kambing untuk peternakan

Selain sebagai tempat berteduh, kandang dimanfaatkan kambing untuk tempat istirahat. Sudah menjadi kewajiban peternak untuk membuat kandang  yang bagus dan berkualitas. Simak syarat kandang yang berkualitas di bawah ini:

  • Ventilasi Udara Baik

Saat kita tidur di dalam kamar yang pengap rasanya sangat tidak nyaman, hal yang sama juga dirasakan oleh kambing. Ketika kandangnya kurang udara, mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak. Maka dari itu, buatlah kandang dengan ventilasi udara yang baik. Yang dimaksud baik bukan berarti harus benar-benar terbuka. Khawatirnya, kambing akan kedinginan di musim hujan. Buat lubang ventilasi secukupnya saja.

  • Lantai Tinggi

Buatlah jarak minimal 50 sentimeter antara lantai kandang dengan permukaan tanah. Sehingga saat hujan, air tidak akan mengotori kandang. Proses pembersihan kotoran pun bisa dilakukan dengan lebih mudah karena kotoran tidak berserakan di dalam kandang.

  • Lubang Kotoran

Kandang kambing modern belakangan ini dibuat dengan benar-benar memperhatikan keberadaan lubang kotoran. Sebelum menyelesaikan pembuatan kandang, pastikan jika Anda sudah membuat lubang di antara kayu. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah kotoran kambing jatuh ke tempat yang tepat.

Dan agar kotoran kambingnya bisa segera dibersihkan, jangan lupa pula untuk membuat lubang setinggi 15 sentimeter di lantas dasar kandang. Saat membuat lantai dasar kambing, perhatikan derajat kemiringannya. Jangan lebih dari 30 derajat.

Itulah beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi sebelum membuat kandang.

Jenis-jenis kandangnya

Ketika semuanya telah siap, perhatikan jenis-jenis ukuran kandang berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan untuk membuat kandang yang sebesar apa:

  • Kandang Indukan

Postur dan bobot tubuh dari kambing indukan biasanya lebih kecil dari kambing pejantan. Jadi ukuran kandang kambing yang dibutuhkan pun tidak lebih besar setidaknya harus sebesar 1.0 m x 1.5 m.

Pembuatan kandang ini bertujuan untuk memisahkan antara kambing betina dan jantan. Sekaligus memisahkan antara kambing betina yang sedang hamil dan tidak. Sementara untuk anak kambing, ukuran kandangnya sekitar 0.2 m x 0.2 m tiap ekornya.

  • Kandang Pejantan

Mengapa kandang untuk kambing pejantan harus dipisahkan per ekornya? Tidak lain untuk mempermudah proses perkembangbiakan. Saat masa kawin, peternak hanya perlu mengantarkan kambing betina masuk ke kandang kambing pejantan.

Untuk luas ukuran kandangnya sekitar 2.5 – 3 meter2 per ekor. Selain untuk reproduksi, pemisahan ini juga baik untuk menghindari perkelahian antar kambing pejantan apalagi jika kambing yang dibudidayakan adalah kambing petarung.

  • Kandang Penggemukan

Kambing yang sudah memasuki usia produktif di mana proses penambahan bobotnya berlangsung dengan cepat harus dimasukkan ke kandang ini. Kandang yang dibutuhkan luasnya maksimal 2 meter2 per ekor. Dan total kambing yang bisa ditampung oleh kandang yang luasnya mencapai 120 m2 kurang lebih sebanyak 60 ekor.

  1. Kandang Panggung

Kandang ini berfungsi sebagai tempat berteduh sekaligus tempat merawat kambing. Di mana kambing akan mendapatkan perawatan lebih mudah bila peternak memasukkannya ke kandang panggung. Setidaknya, peternak tidak perlu mengkhawatirkan pengaruh cuaca buruk terhadap kesehatan kambing. Kandang panggung tinggi atap kandangnya minimal 3 meter, lalu lebar per petaknya 4 meter, sementara panjangnya minimal 8 meter.

Lakukan hal ini sebelum membuatnya

Setelah memahami ukuran kandang ternak kambing, sudah siapkah Anda untuk membuat kandangnya. Cara membuat kandang kambing sangat mudah. Anda cukup ikuti arahan berikut ini:

  • Lantai Kandang Panggung

Proses pembuatan lantai kandang sebenarnya tidak perlu mewah-mewah, cukup disesuaikan dengan kebutuhan dan budget saja. Material yang dibutuhkan antara lain batang bawah bambu dan papan kayu.

  • Dinding Kandang

Anyaman bambu bisa dimanfaatkan dengan baik menjadi dinding kandang. Dengan menggunakan material yang mudah ditemukan dan murah akan membantu mengurangi pengeluaran pembuatan kandang.

  • Kanopi

Untuk bagian atapnya, jangan buat kurang dari 180 sentimeter. Bisa juga menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing kambing ternak.

  • Material

Bahan kandang kambing bisa menggunakan material yang hemat biaya, seperti bambu, kayu, plastik, semen, bahkan anyaman dari bambu. Manfaatkan masing-masing material sesuai kebutuhan, dan usahakan agar tidak menyia-nyiakan pemakaian bahannya.

Membuat kandang ternak kambing harus dilakukan dengan cermat. Mulai dari material dan ukuran harus diperhatikan, jangan melulu hanya memedulikan lokasinya saja. Karena kenyamanan kambing juga dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan bobot tubuhnya.

Kandang Qurban: Situs jual beli Qurban modern

Sudah memahami bagaimana kiat-kiat membuat kandang ternak kambing? Kandang merupakan aspek yang penting untuk memenuhi kualitas kesehatan dan kenyamanan kambing ternak termasuk kambing qurban.

Kandang Qurban selaku situs jual kambing qurban memahami kondisi tersebut dengan baik. Karena pada dasarnya, kami merupakan peternak hewan qurban profesional yang turut memperkenalkan dan menjual kambing secara online.

Kandang Qurban tidak hanya berusaha mencari keuntungan dengan menjual kambing secara online. Kami juga berusaha bersinergi dengan mitra peternak atau komunitas peternak Indonesia untuk menghasilkan hewan qurban berkualitas. Di mana hewan qurban tersebut berada dalam kondisi sehat, kuat dengan bobot yang besar.

Ada pengawasan dokter yang secara rutin melakukan pengecekan kesehatan kambing qurban, baik menjelang Idul Adha maupun di hari-hari biasa. Karena customer yang belanja di tempat kami bukan hanya pengqurban Idul Adha saja.  Mereka merupakan customer yang membutuhkan kambing qurban untuk memenuhi acara aqiqah atau bahkan untuk kebutuhan investasi.

Mereka yang sudah belanja di tempat kami selalu merasa puas bahkan terpesona dengan cara kami merawat kambing dan hewan ternak lainnya. Karena ketika memesan hewan dari Kandang Qurban, customer diberikan kesempatan untuk mengunjungi kandang mitra peternak.

Di kandang mitra peternak, customer bisa melihat bagaimana proses perawatan, pengelolaan pakan bahkan melihat model kandangnya sendiri. Kandang yang dibuatkan oleh mitra peternak kami untuk kambing qurbannya selalu dalam model yang sempurna. Kontrol kandang pun dilakukan secara berkala termasuk untuk kebersihan dari kotoran.

Karena tanpa kandang yang baik, kami menyadari jika kambing tidak akan bisa berkembang biak atau menambah bobot dengan nyaman. Sama seperti manusia dan makhluk hidup lainnya, kambing juga wajib memenuhi standar kehidupan.

Anda yang tertarik untuk lihat kandang kambing milik Kandang Qurban atau mitra peternak lainnya, kami sarankan untuk membeli kambing qurban sekarang juga. Proses pembelian sangat sederhana, cukup buka halaman pasar hewan untuk memilih kambing yang cocok lalu klik pesan. Setelah proses pembayaran diselesaikan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan berkala dari staf kami baik dari pesan WhatsApp maupun email.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp