kambing qurban

Kambing qurban – Memulai aktivitas yang baru tanpa pengetahuan, keterampilan dan kemampuan hanya akan memberikan kegagalan. Sifat optimis memang perlu, tapi bila tidak diikuti dengan perencanaan semua yang diimpikan akan buyar di tengah apalagi bila mengalami cobaan. Sama seperti berternak kambing kurban. Tanpa memahami panduan berternak kambing, Anda mungkin bisa mendapatkan keuntungan tapi belum tentu mampu bertahan.

Kiat memulai usaha peternakan Kambing Qurban dijamin sukses

Bila diurutkan, ada lima aspek yang wajib dipenuhi calon peternak kambing sebelum memulai usaha peternakan. Kelima aspek tersebut adalah:

  • Persiapan Kandang

Membangun bisnis peternakan kambing kurban tanpa membuat kandang rasanya kurang perhatian. Karena tidak mungkin kita menampung kambing di dalam rumah saat musim hujan atau membiakkan kambing kepanasan di musim panas. Jalan tengahnya adalah membuatkan kandang yang berkualitas dan sesuai syarat. Berikut ini syarat kandang kambing yang berkualitas:

  • Buat kandang yang ketinggiannya memadai sehingga saat musim hujan, bagian dalam kandang tidak akan tergenang dengan air.
  • Pilih lokasi kandang yang berjauhan dari sumur maupun rumah sehingga tidak akan membahayakan kambing saat bermain di sekitar sumur. Dan tidak mengganggu anggota keluarga baik dari aroma kotoran maupun suaranya.
  • Kandang kambing baiknya dibuat dengan cakupan ventilasi udara yang memadai. Kambing harus mendapatkan udara yang mencukupi tapi tidak pula menyebabkannya menggigil saat musim hujan.
  • Dan yang paling penting dari proses pembangunan kandang ternak kambing qurban adalah tembusan sinar matahari. Sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kambing.
  • Bibit Kambing

Panduan memiliki bibit kambing kurban telah dijelaskan di berbagai sumber. Pengaruh bibit terhadap keberhasilan ternak kambing kurban sangat besar. Pilih bibit kambing kurban dengan syarat berikut:

  • Usia bibit kambing tidak boleh kurang dari enam bulan. Mengapa harus lebih dari setengah tahun? Karena di usia tersebut, kambing memiliki kemampuan untuk membentuk daging dengan intensitas yang sangat tinggi.
  • Bibit kambing baiknya yang dipilih yang memiliki karakter ekor gemuk. Usahakan untuk menolak bila ditawarkan kambing berekor cambuk.
  • Yang tidak kalah penting adalah postur tubuh. Pilih kambing yang posturnya tegap, tubuhnya panjang dan tentu saja berbadan sehat.
  • Pakan

Tips budidaya kambing qurban berikutnya adalah pemilihan pakan. Sistem pencernaan kambing sangat kompleks. Kambing memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mengubah rumput atau jerami menjadi sumber energi tubuhnya. Selain itu, kambing juga mampu mengubah senyawa bukan protein menjadi jenis protein yang baik untuk memenuhi nutrisi pertumbuhannya.

Kambing kurban biasanya memperoleh berbagai sumber pakan. Peternak tidak hanya fokus memberikan pakan hijau, tapi turut memberikan pakan fermentasi dan pakan konsentrat. Kombinasi pakan kambing berkualitas akan memenuhi kebutuhan nutrisi kambing.

Makanan konsentrat dan fermentasi yang diberikan pada kambing bekerja dengan sangat baik untuk menambah proses penggemukan kambing. Karena pakan konsentrat berbeda dari pakan hijau, terkadang peternak membeli yang siap pakai. Tapi untuk mengurangi pengeluaran, tidak ada ruginya untuk membuat pakan konsentrat maupun pakan fermentasi sendiri. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana.

  • Tenik Mengolah Pakan

Melanjutkan pembahasan pada poin ketiga, siapkan beberapa bahan berikut untuk membuat makanan fermentasi kambing qurban terbaik.

  • 1 liter suplemen organik
  • 100 kg jerami padi
  • Air
  • 0.5 kg molases
  • Siapkan juga beberapa peralatannya, meliputi pisau, drum dan bak

Ketika semua bahan dan alat sudah terkumpul, segera mulai proses pengolahan pakan kambing berikut:

  • Pertama-tama, cuci jerami padu menggunakan air mengalir agar semua kotoran tersapu air. Sisa kotoran yang tertinggal dikhawatirkan akan mengganggu proses fermentasi.
  • Pilih tempat yang tepat untuk mengeringkan jerami dengan sinar matahari maupun diangin-anginkan (jangan sampai jerami menjadi kotor kembali).
  • Cacah kasar jerami hingga ukurannya menjadi lebih kecil paling besar sekitar 10 sentimeter. Ukuran ini dinilai paling sesuai untuk menggugah nafsu makan kambing kurban.
  • Ambil bak yang telah disiapkan untuk menempatkan jerami, baru kemudian beri 1 liter suplemen, molases dan air.
  • Aduk semua bahan di atas sampai tercampur dengan baik lalu tempatkan jeramin dalam drum atau wadah tertutup. Fermentasikan jerami padi kurang lebih selama satu pekan.
  • Proses Pemeliharaan Ternak

Setelah memahami bagaimana memilih kambing qurban dan mengolah makanan lanjutkan dengan melaksanakan perawatan berkala. Proses perawatan kambing bertujuan untuk menjaga kesehatan dan menambah bobotnya dengan baik.

Dari sekian banyak perawatan yang dilakukan, peternak tidak boleh melupakan beberapa aspek. Terutama kegiatan memandikan kambing, memberikan penambahan suplemen, dan jadwal pemberian pakan.

Jadwal pemberian pakan kambing itu tergantung sepenuhnya pada jenis pakan yang diberikan. Yang paling penting, jangan biarkan kambing Anda dehidrasi dan kelaparan. Kambing kurban harus diperlakukan dengan baik agar tampak sehat dan gemuk sehingga saat menjelang Idul Adha, kambing kurban laku di pasaran.

Tempat terbaik membeli Kambing Qurban

Setelah mengetahui bagaimana rumitnya membangun dan mengelola peternakan kambing kurban. Masihkah Anda berencana untuk terjun ke bisnis ini? Jika jawabannya adalah iya, maka belajarlah bersama Kandang Qurban.

Kandang Qurban merupakan tempat terbaik membeli kambing kurban. Di Kandang Qurban, tersedia banyak pilihan kambing yang bisa ditemukan dan dipesan. Dan semua kambing kurban tersebut berasal dari peternakan peternak kambing kurban profesional.

Mereka telah memiliki banyak pengalaman di bidang peternakan kambing, khususnya kambing untuk kebutuhan kurban. Jadi selain memperhatikan kesiapan kambing dari segi kesehatannya. Para peternak Kandang Qurban turut memperhatikan syariat kambing kurban lainnya sebelum menjual kambing di halaman situs.

Khusus untuk para calon customer Kandang Qurban, wajib tahu bila kambing yang dijual merupakan jenis kambing yang benar-benar siap, baik secara fisik maupun usia. Karena usia kambing kurban minimal 1-2 tahun. Menariknya lagi, harga yang ditawarkan Kandang Qurban menjelang Idul Adha tidak mahal seperti harga pasaran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan merugi karena membeli kambing yang mahal.

Sementara untuk calon peternak kambing, Kandang Qurban dinilai sebagai tempat terbaik untuk menemukan bibit kambing yang cocok. Cocok dari segi usia, kesehatan maupun syarat kambing kurban lainnya.

Menemukan kambing di situs kami sangat mudah, Anda cukup cek list nama kambing di filter pencarian. Secara otomatis filter pencarian akan membantu menemukan kambing kurban yang Anda inginkan. Selain menampilkan bobot dan harga kambingnya, kami turut menampilkan nama mitra peternak kambing kurban. Dengan demikian, Anda bisa mengenal bibit, bobot dan bebet kambing secara bersamaan. Kami berusaha untuk transparan dan tidak menutup-nutupi.

Pesan kambing kurban sekarang juga untuk memenuhi persiapan kurban tahun depan. Atau memulai investasi penjualan kambing kurban untuk market dan keuntungan yang lebih besar. Seluruh aktivitas dan proses pemesanan di Kandang Qurban, kami awasi dengan baik.  Setelah memesan kambing qurban, pesanan Anda akan langsung kami tanggapi. Jangan khawatir kambing pesanan akan terlambat datang atau bahkan tidak diantar sama sekali.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp