harga kambing qurban di jakarta timur

Kambing garut – Ras kambing di Indonesia sangat banyak, jika Anda sebelumnya sudah pernah pergi ke Garut maka Anda pasti mengenal dengan baik jenis kambing apa yang populer di sana. Kambing khas Garut merupakan kambing lokal yang populer sebagai kambing aduan.

Di kabupaten Garut, kambing ini jumlahnya sangat fantastis, kurang lebih ada 400 ribu ekor kambing yang mendiami 18 kecamatan. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa banyak peternak yang membudidayakan kambing ini. Bahkan tidak sedikit warga yang ikut memeliharanya untuk alasan tertentu.

Ciri fisik dan cara ternak kambing garut

Sebelum lanjut pada tata cara ternak kambing khas Garut, kita cari tahu terlebih dahulu apa saja kriteria fisik dari kambing tersebut:

  • Bobot

Tujuan seseorang membeli seekor kambing sangat banyak, jika tidak ingin diternakkan maka bisa untuk dijual kembali atau diqurbankan. Salah satu hal umum yang menjadi pokok perhatian konsumen saat memilih kambing adalah bobot.

Bobot kambing khas Garut untuk pejantan minimal 60 kg dan masih bisa terus tumbuh hingga bobot maksimal 80 kg. Sementara itu, kambing betinanya memiliki bobot maksimal 50 kg. Bila dicermati, bobot kambing ini cukup besar bahkan hampir menyamai bobot kambing impor. Inilah yang menjadi satu dari sekian banyak keunggulan kambing Garut.

  • Tanduk

Ciri khas lainnya adalah tanduk melingkar menyerupai spiral yang bisa kita temukan pada kambing jantan. Untuk betinanya, mayoritas tidak memiliki tanduk tapi terkadang ada beberapa betina yang dilahirkan dengan tanduk kecil.

  • Bulu

Untuk mempermudah membedakan antara kambing khas Garut dengan kambing ras lainnya, para peternak biasanya melihat warna bulunya. Kambing ini memiliki corak warna yang sangat bervariasi, beberapa ada yang berwarna hitam, coklat dan putih. Tapi tidak sedikit pula yang warnanya kombinasi dari 3 warna tersebut.

  • Postur

Budidaya kambing garut sejauh ini masih sangat bagus prospeknya. Selain dikenal sebagai kambing pedaging, kambing ini biasa dimanfaatkan sebagai kambing aduan.  Garut memang sangat populer dengan kontes adu kambing atau domba garutnya.

Maka jangan heran jika Anda melihat postur dari kambing khas Garut yang sangat kekar dan berotot. Bentuk kakinya pun sangat kokoh dan gempal. Setelah memahami kriteria fisik dari kambing khas Garut sebagaimana penjelasan di atas. Lanjutkan dengan menyimak tips cara ternak kambing di bawah ini:

  • Kandang

Karena populer sebagai kambing petarung maka peternak membutuhkan model kandang yang lebih aman dan nyaman. Juga kandang yang mampu melindungi masing-masing kambing dari risiko saling bertarung.

Oleh karena itu, buatlah kandang dengan memanfaatkan sistem baterai. Selain efektif untuk menghindarkan kambing dari bertarung, sistem ini juga bermanfaat untuk peternak. Setidaknya peternak dapat mengontrol kesehatan kambing dengan lebih mudah.

  • Pemberian Pakan

Untuk pemberian pakannya, baik kambing tipe petarung maupun pedaging keduanya memiliki kebutuhan pakan yang sama. Yang membedakan, pakan kambing garut petarung diberikan dengan lebih intensif untuk menunjang pertumbuhan bobot dan masa ototnya.

Dan sumber makanan utama yang wajib disediakan oleh peternak untuk pakan sehari-hari kambing ini tidak lain adalah rerumputan. Dan dari sekian banyak jenis rumput yang ada, peternak akan memilih untuk membudidayakan rumput gajah atau rumput odot.

Tidak hanya memberikan pakan rumput, peternak kambing juga memberikan tambahan pakan lainnya yakni pakan konsentrat. Pakan tambahan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan bobot dan pemenuhan nutrisi kambing.  Ada pun jenis pakan dengan kandungan gizi yang tinggi yang bagus untuk pertumbuhan kambing adalah jahe, ginseng dan juga telur ayam kampung.

  • Vaksin

Selain mengandalkan nutrisi dari rumput dan pakan konsentrat, jangan lupa untuk memberikan vaksin. Vaksin ini bermanfaat untuk menghindari kambing dari serangan penyakit terutama penyakit antraks, mencret, kembung dan lainnya.

Tindakan pencegahan dengan memberikan vaksin di rasa lebih tepat daripada mengobati. Vaksin yang umumnya diberikan oleh dokter untuk memenuhi kebutuhan kambing adalah obat cacing, vitamin B kompleks, dan vaksin penyakit antraks.

  • Perawatan Lainnya

Perawatan yang dimaksud adalah seperti memandikan, pemijatan bahkan pencukuran bulu. Tidak sedikit pula peternak yang melakukan pemotongan kuku pada kambing khas Garut mereka.

Tujuannya selain untuk menjaga kebersihan juga untuk meningkatkan daya jual kambing. Sehingga ketika masa panen tiba, kambing sudah benar-benar siap untuk ditampilkan ke muka umum dan dijual dengan harga yang pantas.

Bila kondisi kambing tampak kurang terawat, biasanya konsumen akan merasa malas untuk membelinya bahkan mereka juga enggan untuk melihatnya. Maka dari itu, usahakan untuk rajin memandikan kambing minimal sehari sekali untuk membantu menghindari kotoran, cacing bahkan kutu.

Demikian informasi menarik seputar kambing garut. Kambing ini masih dibudidayakan dengan baik di Garut dan sekitarnya. Masyarakat masih menilai kambing khas Garut sebagai kambing primadona.

Kandang Qurban: Plaform jual kambing terbaik

Kambing khas Garut merupakan ras kambing yang tidak hanya menjadi primadona di pasar ternak tapi juga sangat populer di Kandang Qurban. Sebagai platform jual kambing terbaik di tanah air, Kandang Qurban menawarkan kambing khas Garut dengan kisaran harga yang beragam.

Customer bisa memilih kambing khas Garut atau kambing Jawarandu dan ras kambing lainnya. Untuk daftar harga dan bobot kambing bisa disimak secara langsung di situs Kandangqurban.Com. Customer juga bisa melihat profil dari mitra peternak yang aktif berjualan kambing di situs kami.

Mengapa harus belanja di situs Kandang Qurban? Padahal ada banyak situs jual hewan qurban atau hewan ternak lainnya?

Sebagai platform jual hewan qurban pertama di nusantara, Kandang Qurban merupakan pelopor dan pedoman penjualan hewan qurban di seluruh tanah air. Kami terbukti mampu mengirimkan kambing, sapi bahkan domba pesanan customer secara realtime dan dalam kondisi baik dan sehat.

Butuh bukti? Silahkan lihat testimoni dari postingan atau komentar para pelanggan Kandang Qurban. Hingga sejauh ini, kami masih mendapatkan feedback yang positif dari para customer dan akan terus mendapatkannya. Karena selain meningkatkan mutu pelayanan, kami juga senantiasa turut mengembangkan mutu dari kambing yang kami jual.

Kambing yang dijual di Kandang Qurban akan melalui beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum dilepaskan kepada pembeli, di antaranya adalah:

  • Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter hewan secara menyeluruh, termasuk menimbang bobot badan kambing. Kami tidak akan menutupi laporan kesehatan kambing yang kami jual, customer memiliki hak penuh untuk bertanya atau meminta laporan lengkapnya.

  • Treatment Sebelum Diantarkan

Sebelum dikirim ke tempat tinggal konsumen, kambing akan mendapatkan treatment khusus terlebih dahulu. Treatment yang akan membantu membuat kambing menjadi lebih rileks sehingga mereka tidak akan merasa kaget atau stress saat berada di perjalanan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, bila ingin mendapatkan informasi yang lebih detail termasuk tentang kambing garut. Dengan senang hati customer service kami bersedia untuk memandu Anda. Cukup hubungi CS melalui situs Kandang Qurban, atau melalui kontak di messenger dan WhatsApp.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required