Sapi Qurban Bogor

Sapi qurban Bogor – Sebagai pribumi, mungkin kita sudah sangat familier dengan sapi Jawa atau sapi Bali yang memang dikenal sebagai sapi lokal. Apalagi jika setiap harinya kita sering mengunjungi peternakan sapi di Indonesia. Namun, selain sapi lokal ada banyak sapi impor yang turut meramaikan industri peternakan sapi tanah air. Tidak terkecuali dengan sapi Simmental yang berasal dari Swiss.

Mengenal lebih dalam tentang sapi qurban Bogor Simmental

Di Indonesia sapi ini lebih populer dengan nama sapi metal. Sapi Simmental sendiri bukanlah jenis sapi yang dilahirkan oleh indukan yang sama, melainkan hasil persilangan antara dua ras sapi berbeda. Untuk mendapatkan sapi Simmental gemuk berkualitas tinggi, peternak sapi Swiss harus menyilangkan antara sapi lokal dengan sapi asal Jerman.

Tidak heran jika ketika ditemukan di Jerman, orang sana lebih familier menyebut sapi Simmental sebagai Fleckvieh. Sapi Simmental awalnya hanya dibudidayakan di negara asalnya saja, tapi para peternak kemudian menyebarkan bibitnya hingga ke seluruh dunia.

Permintaan sapi Simmental di daratan Italia, Rusia, Argentina bahkan Tiongkok sangatlah besar. Ini karena kualitas daging dari sapi Simmental sangat tinggi bahkan sapi ini pun mampu menghasilkan susu murni berkualitas. Agar bisa mengenal sapi Simmental dengan lebih baik sebelum membelinya di tempat jual sapi qurban Bogor simak penjelasannya di bawah ini:

  • Kehamilan dan kelahiran yang cepat

Membudidayakan sapi impor tentu memiliki sejumlah PR sulit yang harus dilalui oleh tiap peternak. Tapi berbeda dari jenis sapi impor kebanyakan, sapi Simmental justru sangat menyenangkan untuk dibudidayakan. Sapi ini tidak membutuhkan banyak waktu untuk hamil dan melahirkan. Selain itu, baik indukan jantan maupun betina sama-sama dianugerahi dengan kesuburan yang tinggi. Jadi, sapi Simmental mampu berkembang biak dengan sangat baik dan melahirkan banyak anakan.

  • Bobot besar

Selain interval melahirkan yang sangat cepat, sapi Simmental pun tampak sangat mencolok karena memiliki tubuh yang besar. Saking besarnya, banyak pengqurban yang tertarik membeli sapi qurban Bogor online ini untuk diqurbankan di Hari Raya Idul Adha.

Rata-rata besaran bobotnya itu mencapai 1.300 kg untuk sapi jantan dewasa, sementara untuk betina dewasa berkisar antara 700kg-900kg. Dengan bobot tersebut, sapi Simmental mampu menghasilkan lebih banyak daging yang kemudian bisa dibagikan ke lebih banyak fakir miskin ketika hari H Idul Adha.

  • Jinak dan penuh perhatian dengan anaknya

Karena memiliki tubuh yang besar dan tampak menakutkan, beberapa orang menilai jika sapi termasuk hewan yang ganas. Tapi nyatanya, hewan ini sangat jinak bahkan bisa didekati oleh orang asing yang belum dikenalkan. Selain jinak, sapi Simmental memiliki kepedulian dan perhatian yang sangat tinggi terhadap anaknya. Dia mampu mengasuh anakan sapi Simmental dengan sangat baik meskipun tetap membutuhkan bantuan dari peternak dan dokter hewan ahli.

  • Mudah beradaptasi

Kelebihan membeli sapi qurban Bogor murah Simmental di antaranya karena sapi ini mudah sekali beradaptasi. Meskipun bibitnya diambil jauh dari Swiss yang dikenal sebagai negara beriklim dingin, bukan berarti sapi Simmental akan mengalami hambatan pertumbuhan ketika dibawa ke Indonesia. Sapi ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Dia mampu menerima lingkungan baru tanpa merasakan rasa tidak nyaman bahkan menunjukkan gejala sakit karena home sick.

  • Berumur panjang

Kelebihan lain dari sapi Simmental adalah berumur panjang. Ini terjadi karena sapi Simmental memiliki berbagai sifat unggulan salah satunya kemampuan merumput yang sangat bagus dan perawatan yang mudah. Ketika sakit pun, sapi Simmental bisa cenderung jinak jadi bisa diajak bekerja sama sehingga proses penyembuhan penyakit berlangsung dengan lebih cepat.

Tips sukses penggemukan sapi Simmental

Mitra peternak di Kandang Qurban tentu memahami dengan baik bagaimana cara penggemukan ras sapi yang tepat. Tidak terkecuali sapi impor Simmental, selengkapnya tentang cara penggemukan simak di bawah ini:

  • Bibit yang dipilih harus terbaik

Tahapan awal yang wajib dilalui dengan baik oleh para peternak sapi adalah pemilihan bibit, apalagi jika sapi tersebut akan ditawarkan di pasar sapi qurban Bogor. Dengan mengantongi ciri fisik dari Simmental akan membantu peternak untuk memilih jenis bibit yang tepat. Selain itu perhatikan pula kondisi berikut:

  • Bibit sapi tidak boleh memiliki cacat
  • Bibit yang dibeli harus yang memiliki nafsu makan baik dan responsif
  • Tubuh sapi bibit harus bebas dari penyakit kulit termasuk koreng
  • Pastikan pula postur bibitnya cukup berisi
  • Ada baiknya jika bibit yang dibeli adalah sapi Simmental jantan yang proses perkembangannya sangat cepat, dan kriteria lainnya.
  • Pakan yang tepat

Ketika sudah memilih bibit sapi yang tepat selanjutnya perhatikan pula pemberian pakannya. Usahakan pilih jenis makanan yang disukai oleh sapi simmental dan memiliki nilai gizi berimbang. Seekor sapi sewajarnya memperoleh gizi termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan lemak.

Bila tidak memahami bagaimana jenis pakan sapi qurban Bogor yang laris ras Simmental maka jangan ragu untuk minta bantuan dokter hewan. Tapi sebagai rekomendasi pakan, jenis makanan seperti bungkil kelapa, tepung tulang, ampas tahu, bahkan bungkil kacang tanah merupakan makanan sapi ternak terbaik.

  • Manajemen kandang

Setidaknya ada 3 variasi kandang yang bisa dibuatkan seorang peternak untuk merumahkan sapinya. Untuk sapi Simmental kita mungkin bisa memilih jenis kandang yang semi tertutup dengan ukuran luas yang mencukupi postur tubuh sapi. Ketika sapi yang dimiliki jumlahnya cukup banyak, tidak perlu ragu untuk memberikan pembatas antara sapi pertama dengan sapi berikutnya. Hal ini efektif guna mengimbangi pemberian makanan pada masing-masing sapi sehingga tidak saling berebut.

  • Vitamin dan suplemen tidak boleh tinggal

Upaya selanjutnya agar tubuh sapi menjadi lebih gemuk adalah dengan memberikan suplemen dan vitamin khusus hewan secara teratur. Jenis suplemen dan vitamin yang bagus dan direkomendasikan oleh dokter hewan. Vitamin yang dikonsumsi oleh ras sapi apa pun harus mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vitamin D maupun vitamin E.

  • Cek kesehatan secara berkala

Ras Simmental termasuk salah satu ras sapi qurban Bogor yang laku di Indonesia. Hal ini terjadi, karena sapi Simmental memiliki postur tubuh yang sangat besar dan tampak sehat. Tentunya untuk mendapatkan bobot seberat itu diperlukan teknik penggemukan yang tepat termasuk rutin melakukan cek kesehatan. Sapi Simmental wajib mendapatkan vaksin, antibiotik bahkan obat cacing secara teratur. Tentu saja untuk menghindari sapi dari paparan penyakit dan bakteri.

Apalagi sapi Simmental qurban disalurkan untuk tujuan ibadah, jadi kondisi kesehatan memang patokan pertama. Bila kesehatan sapi terganggu dan terbukti dari data medisnya, maka sapi Simmental tidak akan menjadi primadona lagi di pasaran sapi kurban Bogor. Tentu saja ini menjadi hal terakhir yang diinginkan oleh peternak sapi terutama peternak spesialis sapi Simmental

Mengenal lebih dekat tentang program unggulan di Kandang Qurban

Kandang Qurban semakin hari semakin dikenal luas oleh masyarakat Indonesia khususnya customer yang membutuhkan hewan qurban. Sebagaimana hukum Islam, hewan qurban yang ditawarkan di Kandang Qurban pun hewan ternak yang sehat dan bebas cacat.

Para customer memiliki hak penuh untuk memilih dan menyortir sapi qurban, kambing maupun domba qurban yang akan dibeli di Kandang Qurban. Karena Kandang Qurban hanya bertanggung jawab sebagai penyedia layanan sekaligus mitra peternak yang menawarkan hewan qurban pada customer.

Namun, selain menawarkan variasi hewan qurban terbaik dari seluruh mitra peternak berkualitas di Indonesia. Kandang Qurban turut menawarkan program terbaru bagi para customer yang dikenal sebagai Salam Qurban dan Qurban Berbagi. Lebih lanjut mengenai dua program Kandang Qurban tersebut simak di bawah ini.

  • Salam Qurban

Melalui Salam Qurban, seluruh masyarakat Indonesia kini bisa menabung sapi qurban untuk diqurbankan di tahun depan. Program ini merupakan program persiapan, di mana pengqurban bisa membeli sapi bali berkualitas tinggi sejak September 2019.

Mengapa harus membeli sejak saat ini? Tentunya karena harga yang ditawarkan pada Salam Qurban adalah harga yang super hemat, saking hematnya Anda bisa memangkas harga sebanyak Rp. 6 juta.

Program Salam Qurban yang dilaksanakan oleh Kandang Qurban merupakan cerminan kepedulian para peternak sapi bali di Indonesia atas fenomena melonjaknya harga sapi menjelang Hari Raya Idul Adha. Melalui program ini, diharapkan para pengqurban bisa mendapatkan sapi berkualitas untuk diqurbankan dengan harga yang pantas.

Karena menjelang Hari Raya Idul Adha, beberapa peternak maupun agen dan distributor hewan qurban umumnya akan menaikkan harga sebanyak 50%. Fenomena tersebut pada akhirnya membuat banyak pengqurban yang merasa kapok bahkan enggan untuk berqurban karena hewan qurban yang diperolehnya tidak sesuai dengan ekspektasi harga yang dikeluarkan.

Namun, bersama Kandang Qurban para customer bisa mendapatkan harga yang jauh lebih aman sekitar Rp. 16.5 juta untuk harga sapi bali dengan kisaran bobot hingga 355 kg.

  • Qurban Berbagi

Kontras sekali dengan program Salam Qurban, di Kandang Qurban sebelumnya telah digalangkan program Qurban Berbagi. Di Qurban Berbagi, Kandang Qurban mengajak seluruh warga Indonesia untuk berbagi hewan qurban ke saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Karena dari data yang ada, masih banyak saudara kita yang belum pernah merasakan sama sekali nikmatnya daging qurban ketika Hari Raya Idul Adha. Bersama Qurban Berbagi hanya dengan membayar sebesar Rp. 1.5 juta, customer sudah bisa membantu saudara kita untuk memperoleh haknya yakni daging qurban berkualitas tinggi.

Ada pun jenis hewan qurban yang ditawarkan dalam program Qurban Berbagi adalah kambing dan domba qurban yang masing-masing bobotnya mencapai 25kg. Sedangkan untuk area pengirimannya dikelompokkan berdasarkan jenis hewan qurbannya.

Misalnya jika Anda tertarik untuk mengikuti Qurban Berbagi dan membeli Qurban Berbagi Kambing. Secara otomatis saudara-saudara kita yang ada di wilayah Wonogiri, Tulungagung, Lombok dan lainnya bisa memperoleh daging kambing.

Sedangkan untuk Qurban Berbagi Domba, penyalurannya akan dilakukan ke daerah Banten dan Jawa Barat termasuk Tangerang, Serang, Tasikmalaya, Garut, Bandung bahkan Bogor.

Itulah hal menarik yang akan kita peroleh jika mengikuti dua program Kandang Qurban. Program ibadah yang tidak hanya membantu customer untuk mendapatkan sapi qurban dan pahala. Tapi turut membantu para mitra peternak sapi qurban Bogor dan kota lainnya mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp