jual kambing qurban jakarta barat

Jual kambing qurban Jakarta Barat – Setiap satu tahun sekali umat muslim bukan hanya berhadapan dengan Idul Fitri tapi juga bertemu dengan Idul Adha. Dalam proses pelaksanaannya, Idul Adha mewajibkan umat muslim untuk berkurban yakni menyembelih hewan kurban seperti sapi, domba, kerbau dan kambing. Sayangnya, tidak semua orang memahami apa makna dibalik perintah tersebut, bahkan cenderung salah kaprah.

Jual kambing qurban Jakarta Barat dan alasan harus berkurban

Fenomena tempat jual kambing qurban menjelang Idul Adha di kota-kota besar Indonesia termasuk Jakarta bukan hal baru. Tapi, sudahkah kita ketahui apa saja alasan yang melatarbelakangi penyembelihan hewan qurban?

  • Menghidupkan kembali ajaran Nabi Ibrahim

Pelajaran agama diberikan secara intensif sejak kita duduk di bangku SD dan salah satu pokok pembahasan yang diberikan adalah pelajaran dan pengenalan tentang para nabi. Dari nabi Adam sampai nabi Muhammad, masing-masing memiliki kisah perjalanan hidup yang sangat menarik.

Salah satunya adalah kisah dan cobaan hidup yang dialami Nabi Ibrahim bersama anaknya Ismail. Perintah berkurban secara tidak langsung disampaikan pada Nabi Ibrahim melalui sebuah mimpi. Di mana mimpi yang didatangkan padanya secara gamblang meminta Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya sendiri Ismail.

Padahal untuk mendapatkan Ismail, Nabi Ibrahim perlu melakukan penantian yang sangat panjang. Bertekad untuk menerima perintah Allah, pada akhirnya Nabi Ibrahim bersama Ismail menjalankan perintahnya.

Namun atas kuasa Allah SWT, tubuh Ismail diubahnya menjadi seekor domba besar. Melalui kisah perjalanan Nabi Ibrahim, diharapkan masyarakat muslim di seluruh dunia mampu mengikuti jejak keikhlasan dan ketakwaannya. Dan bila ingin berkurban, cukup kunjungi tempat jual kambing qurban Jakarta Barat murah.

  • Sebagai rasa syukur

Saling berbagi merupakan amalan baik yang sewajarnya dipupuk dengan sebaik mungkin sejak dini. Salah satu cara menjalankan amalan baik yakni dengan memberikan sedikit rezeki pada orang yang kurang mampu. Dan Idul Adha merupakan hari terbaik untuk melakukan hal tersebut.

Di Idul Adha, siapa pun yang mampu membeli hewan qurban bisa menyembelihnya. Daging qurbannya akan dibagikan kepada orang yang kurang mampu. Tujuannya untuk mengingatkan pentingnya saling memberi dan bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Sedangkan mereka yang mendapatkan jatah daging qurban akan merasa berterima kasih atas anugerah nikmat yang diperolehnya. Karena meskipun daging adalah makanan pokok, harganya yang mahal membuat sebagian orang kesulitan untuk mengonsumsinya.

  • Tanda Bertaqwa

Sebagaimana kisah perjalanan Nabi Ibrahim yang telah disampaikan di atas, untuk berkurban nabi harus mengorbankan anaknya sendiri bukan membeli kambing di tempat jual kambing qurban Jakarta Barat online. Tapi karena ketaqwaannya pada Allah SWT, Nabi Ibrahim dengan berbesar hati berhasil melampaui ujian tersebut.

Dalam ajaran Islam, qurban merupakan ibadah sunnah yang masih termasuk dalam kategori sedekah. Sehingga, barang siapa pun orang yang merasa memiliki kemampuan dan ingin bersedekah maka lakukanlah qurban. Tapi bukan berarti dalam kondisi paksaan. Ibadah qurban yang dilakukannya harus didasari niat ikhlas karena Allah SWT hingga dirinya menjadi orang yang bertaqwa.

  • Melepaskan Sifat Duniawi

Pelajaran lain yang kita peroleh dari kisah Nabi Ibrahim adalah rintangan dan cobaan sebelum memiliki Ismail. Semasa hidupnya, Nabi Ibrahim sangat sulit untuk memiliki anak, dan setelah penantian panjangnya akhirnya beliau diberikan Ismail. Namun, suatu hari datang perintah untuk menyembelih Ismail.

Dari kacamata manusia biasa, sangat sulit untuk menyerahkan sesuatu yang sangat diinginkan begitu saja. Namun, Nabi Ibrahim mampu mewujudkannya secara ikhlas. Berdasarkan perjalanan hidupnya tersebut, sebagai umat manusia kita diharapkan mampu meneladani sikap Nabi Ibrahim dengan tidak selalu terpaku pada hal-hal yang sifatnya duniawi.

Ketika harta yang dimiliki sudah sangat banyak, maka jangan hanya menyimpannya dengan rapat tapi sedekahkan. Cara sedekah terbaik dengan mengunjungi tempat jual kambing qurban Jakarta Barat terbaik menjelang Idul Adha untuk membeli kambing qurban. Berqurban akan menjadi lapang pahala yang tiada putusnya, apalagi bila diniati dengan benar dan tulus karena Allah SWT.

  • Memberikan Manfaat Terhadap Sesama

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berbagi, entah dengan memberikan makanan atau uang. Lalu apa manfaatnya berqurban? Manfaat berqurban sangat beragam. Tidak hanya membantu sesama untuk menikmati daging qurban, tapi juga membantu orang lain untuk melancarkan bisnis mereka.

Mengingat, menjelang Idul Adha banyak sekali lapak penjual hewan qurban yang bermunculan. Kita bisa membantu menyejahterakan mereka dengan membeli kambing qurban dengan harga kambing qurban Jakarta Barat yang masuk akal.

Jual kambing qurban Jakarta Barat dan syarat serta hukum sah berqurban

Ada dua pendapat pokok yang mengatur tentang hukum qurban yang diutarakan oleh para ulama yakni. Di mana pendapat tersebut memiliki dua sisi mata uang yang berbeda:

  • ·         Wajib

Berdasarkan pendapat guru Imam Malik, Imam Ahmad, Abu Hanifah dan Al-Auza’i dan beserta para pengikutnya, dikatakan jika wajib hukumnya untuk berqurban bagi yang mampu.

Orang yang mampu adalah orang yang memiliki taraf kehidupan yang baik dan kelapangan rizki. Dari HR. Ibnu Majah nomor 3.123, Al Hakim 7.672 mengatakan sabda Rasullullah Shallallahu’ alaihi wa sallam. Jika siapa pun yang memiliki harta kekayaan tapi mereka tidak memiliki niatan untuk berkurban, maka janganlah pernah menginjakkan kaki mereka dekat dengan tempat kami menunaikan shalat.

  • Sunnah Mu’akkadah

Tapi ada juga beberapa ulama yang meyakini bila berqurban itu hukumnya sunnah mu’akkadah. Di antaranya ada Imam Malik, Imam Syafi’i, Ibnu Hazm dan masih banyak lagi.

HR. Abdur Razzaaq berkata “Aku melihat Umar dan Abu Bakar keduanya tidak tampak berkurban” Seperti yang kita ketahui selama ini jika baik Abu Bakar maupun Umar merupakan sahabat para nabi.

Karena dua pendapat yang diutarakan sama-sama memiliki bukti dan penafsiran yang kuat dan solid, maka para ulama mencari jalan tengahnya agar tidak menimbulkan konflik.

Maka dari itu tercantumlah tafsir Adwa’ul bayan halaman 1120 yang mengungkapkan barang siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban maka janganlah pernah meninggalkannya. Karena ada banyak kebaikan yang didatangkan dari berkurban yakni melepaskan tanggungan dan membuat hati lebih ikhlas dan tenang.

Sehingga sampai saat ini, berqurban merupakan aktivitas yang sudah sewajarnya dilakukan oleh mereka yang mampu. Sedangkan mereka yang tidak mampu secara materi untuk membeli kambing qurban, tidak diwajibkan untuk memaksakan diri untuk melakukannya.

Memilih kambing sebagai hewan kurban ternyata bukan tanpa alasan. Seekor kambing diyakini sudah lebih dari cukup sebagai simbol kurban dari satu keluarga penuh baik yang masih ada maupun yang sudah meninggal. Berikut ini syarat sah berqurban kambing dengan beberapa kondisi:

  • Kambing Kecelakaan

Semua kambing yang tersedia di tempat jual kambing qurban tentunya berada dalam kondisi baik-baik saja. Tapi, bagaimana jika suatu hari sebelum Idul Adha kambing mengalami kecelakaan dan memiliki cacat parah? Bolehkah kambing tersebut untuk dikurbankan?

Berdasarkan syarat sah berqurban, kambing yang dipilih hendaknya yang sehat namun jika suatu kondisi yang tidak disengaja menyebabkannya mengalami cacat maka diizinkan untuk dikurbankan.

Pendapat tersebut diutarakan oleh Imam an-Nawawi yang tertulis dalam Al-Majmu 8:328. Secara gamblang mengatakan jika kambing sah diqurbankan bila hewan mengalami cacat setelah dibeli bukannya cacat sejak awal sebelum dibeli di tempat jual hewan qurban.

Pendapat yang sama juga diutarakan oleh Syekh Ibnu Utsaimin yang mengatakan di mana jika cacat yang terjadi berasal dari keteledoran pemiliknya maka kambing qurban wajib diganti. Sedangkan jika cacat terjadi bukan karena teledor maka sah hukumnya menjadi kambing qurban.

Kedua pendapat tersebut berhubungan erat dengan kondisi kambing qurban yang cacat. Lantas bagaimana jika kecelakaan menyebabkan kambing sekarat? Apa sah dan bisa dijadikan sebagai kambing qurban?

Dari HR. Bukhari dan Muslim mengatakan jika barang siapa pun yang membeli hewan kurban termasuk dari tempat jual kambing kurban Jakarta Barat. Lantas menyembelihnya sebelum menjalankan ibadah Shalat I’d maka hendaknya dia berkurban kambing lainnya.

Jadi meskipun kondisi kambing qurban dalam keadaan sekarat, selama masih hidup dan belum disembelih sebelum shalat I’d maka masih bisa disebut sebagai kambing qurban Idul Adha. Penjelasan ini diberikan oleh Syekh Muhamad bin Shalih Al-Munajid.

Berbanding terbalik jika kambing benar-benar sudah sakit dan sekarat hingga tidak bisa menunggu lebih lama untuk disembelih, maka harus membeli kambing lainnya sebagai pengganti qurban.

  • Pilih Kambing yang Gemuk

Berdasarkan pada QS. Al Hajj: 32  Imam Syafi’i rahimahullah mengungkapkan bila siapapun yang ingin menyumbang hewan qurban maka disunahkan untuk memilih dan membeli kambing yang gemuk dan besar.

Fenomena kurban yang terjadi dahulu kala di Madinah diyakini hanya dilakukan dengan mengorbankan hewan yang bertubuh besar dan gemuk. Adapun jenis hewan yang mereka pilih adalah onta, sapi baru kemudian kambing. Di Indonesia, salah satu tempat terbaik membeli kambing adalah tempat jual kambing qurban Jakarta Barat Untuk Idul Adha.

Bila mengaku sebagai orang muslim, hendaknya mengetahui hukum tentang berqurban dan keistimewaan dari Idul Adha. Karena ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kita peroleh dengan mempelajari kedua hal tersebut. Yang sayangnya dalam kehidupan sehari-hari masih sedikit sekali pemahamannya.

Berkurban yang dilakukan di Idul Adha memang sangat sebentar waktunya, bahkan tidak lebih lama dari satu hari. Namun, dari satu hari yang singkat tersebut sudah banyak kebaikan yang kita berikan pada sesama.

Kontras sekali dengan kebaikan yang diterima pula oleh sesama. Jadi ketika memiliki kesempatan, materi dan waktu untuk berqurban maka usahakan untuk melakukannya secara teratur setiap tahun.

Jual kambing Qurban Jakarta Barat terbaik

Bagi Anda yang sibuk dan tidak sempat terlalu mencari dan memilih kambing qurban terbaik di Jakarta, maka tinggal beli saja di tempat kami. KandangQurban.com merupakan tempat jual hewan ternak seperti sapi dan kambing yang sudah sesuai dengan syariat Islam untuk dikurbankan.

Di sini kami menawarkan kambing-kambing terbaik dengan harga yang terjangkau. Kami hanya jual kambing Qurban Jakarta Barat serta sapi yang sehat dan tidak cacat. Butuh info? Hubungi kami di nomer kontak yang sudah disediakan. Kami bisa mengirimkan langsung kambing qurban yang Anda pesan ke tempat pemotongan kurban untuk memudahkan Anda.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required