Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan

Jual kambing Qurban Jakarta Selatan – Menjelang Idul Adha, umat muslim beramai-ramai mulai membeli kambing qurban. Tujuannya tentu untuk diqurbankan di hari raya Idul Adha. Karena berqurban merupakan kebiasaan baik yang sewajarnya dilakukan jika mampu, hukumnya hampir sama seperti menunaikan ibadah haji. Karena Allah SWT tidak memaksa barang siapa umatnya yang tidak mampu membeli kambing qurban untuk diqurbankan.

Jual Kambing Qurban Jakarta Selatan dan aturan pembagian daging qurban

Kita bisa menemukan penjual kambing qurban yang membuka bisnis mereka di pinggir jalan Jakarta Selatan. Fenomena unik tersebut selalu ada menjelang Idul Adha, dan biasanya yang dijual pun bukan hanya kambing saja ada juga domba atau sapi.

Dalam pelaksanaan ibadah qurban, daging kambing yang diqurbankan bukan dikonsumsi secara mandiri oleh pengurban melainkan dibagikan pada orang-orang yang mendapatkan kupon. Tradisi ini sudah dilakukan jauh-jauh hari di Indonesia, karena hakikat utama berqurban selain menjalin hubungan baik dengan sesama adalah saling berbagi.

Lantas, bagaimana cara pembagian daging kambing qurban? Dan siapa saja yang berhak mendapatkannya?

  • Orang yang Berqurban Beserta Keluarga

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al Baihaqi disebutkan jika Rasulullah SAW, pernah melakukan beberapa kebiasaan tertentu. Di mana saat menjalankan Idul Fitri, beliau tidak akan keluar dari rumahnya sebelum menghabiskan makan.

Beliau pula tidak akan menyantap atau minum sesuatu sebelum kembali ke rumah di saat Idul Adha dan terakhir adalah kebiasaan beliau yang didapati pernah menyantap hati hewan yang diqurbankannya sendiri.

Melihat dari sejumlah kebiasaan tersebut, kita bisa menarik kesimpulan jika dalam pembagian daging kambing qurban, maka pengqurban pun mendapatkan jatah. Ada pun banyaknya jatah daging yang diperolehnya sekitar 1/3 lebih sedikit saja.

  • Fakir Miskin

Mendapatkan kambing qurban yang dibeli dari tempat jual kambing qurban Jakarta Selatan murah untuk kemudian diqurbankan merupakan tindakan mulia. Apalagi dalam qurban tersebut ada hak orang fakir miskin di dalamnya.

Berdasarkan QS. Al-Hajj ayat 28 dengan gamblang mengatakan jika kita diizinkan untuk menikmati daging qurban namun jangan lupa pula untuk memberikannya pada orang fakir.

Pesan tersirat yang ada pada ayat Alquran tersebut secara tidak langsung mengajarkan kita akan pentingnya berbagi pada orang yang tidak mampu. Karena selain Idul Adha, jarang sekali bagi orang fakir miskin untuk menikmati sajian kambing atau sapi. Harga daging merah yang mahal menjadi alasan utama mengapa mereka lebih memilih makan dengan bahan pokok yang lebih murah.

Sangat mulia sekali jika kita mau memberikan sedikit rezeki pada orang fakir miskin, karena setidaknya mereka pun berhak mendapatkan perhatian dari kita sesama manusia.

  • Tetangga Sekitar, Kerabat dan Rekan

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, mengapa dalam satu kampung atau kota hampir semua orang mendapatkan jatah kupon. Ini karena mereka memiliki hak untuk menerima daging sapi atau kambing qurban tersebut.

Jika dalam satu kampung atau kota yang berqurban jumlahnya cukup banyak dan mencukupi, maka pembagian akan dilakukan secara merata. Proses pembagian kambing atau sapi qurban ini tidak melihat berdasarkan status kaya atau miskinnya tetangga sekitar, kerabat maupun rekan. Semua termasuk yang berkecukupan pun memiliki hak yang sama untuk mendapatkan porsi daging qurban. Dan banyaknya daging yang bisa diterima oleh ketiga kelompok tersebut adalah 1/3 bagian saja.

5 Tradisi unik Idul Adha selain di Indonesia

Indonesia mungkin negara dengan mayoritas muslim, namun selain Indonesia masih ada banyak negara yang rutin menjalankan tradisi qurban ketika Idul Adha. Mereka mungkin tidak membeli hewan di tempat jual kambing qurban Jakarta Selatan yang laris bahkan negara-negara tersebut pun memiliki tradisi yang jauh lebih unik:

  • Uni Emirat Arab

Mengenakan pakaian baru sebenarnya hal yang sangat familier bagi umat muslim Indonesia ketika melangsungkan hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Hal yang sama ternyata berlaku di Uni Emirat Arab. Mayoritas warga UEA akan mengenakan pakaian baru di hari raya Idul Adha dan uniknya lagi para wanitanya akan memakai parfum untuk mengecat rambut mereka.

Agar tampak lebih meriah dan semarak lagi, baik tangan wanita atau anak-anak akan dihiasi dengan henna. Tradisi ini mungkin hampir sama dengan tradisi pernikahan yang sering dilakukan di India.

  • Pakistan

Sebagai negara dengan pemeluk agama Islam yang banyak, Pakistan memiliki cara tersendiri untuk merayakan Idul Adha. Bahkan tradisi tersebut dipopulerkan oleh pemerintah Pakistan. Di mana, menjelang hari H pemerintah akan meliburkan seluruh warganya selama 4 hari berturut-turut.

Memberikan 4 hari libur bukan tanpa alasan, pemerintah Pakistan ingin warganya bisa mempersiapkan Idul Adha dengan sebaik mungkin. Dan beberapa warga yang taat, memilih untuk menjalankan Puasa Arafah. Jika Indonesia turut mendapatkan libur seperti ini, maka beruntung sekali para toko jual kambing qurban Jakarta Selatan untuk Idul Adha karena bisa kedatangan banyak customer dalam 4 hari tersebut.

  • Mesir

Negara selanjutnya adalah Mesir. Mesir rupanya sangat memahami tradisi yang harus dilakukan di Idul Adha, karena buktinya mereka tidak menyia-nyiakan momen dengan makan makanan berbahan dasar daging.

Olahan daging tentunya dibuat ala Mesir, mereka biasanya menyajikan daging dalam irisan kecil menyerupai dadu untuk dinikmati dengan nasi saus tomat atau fatta. Menariknya lagi dessert pun dibuat dari daging yang populer dengan nama Ro’a.

  • Arab Saudi

Tidak mau kalah dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi pun punya tradisi Idul Adha yang menarik. Tradisi yang dijalankan mereka tentunya sesuai dengan momen Idul Adha, di mana pemerintah kerajaan Arab Saudi akan mengurbankan unta untuk dibagikan pada negara tetangga.

Negara-negara beruntung yang mendapatkan jatah pembagian qurban dari Arab Saudi di antaranya adalah Asia Selatan, Asia Tengah dan negara di Afrika. Sudah jadi rahasia umum jika harga unta cukup mahal, dan berdasarkan hukum kuantitas daging unta berada di urutan pertama baru kemudian disusul dengan sapi, domba dan kambing.

  • Turki

Agar depot jual kambing qurban Jakarta Selatan ettawa laris manis menjelang Idul Adha, para peternak mungkin harus mengikuti tradisi Idul Adha dari Turki. Di mana sebelum melakukan prosesi penyembelihan hewan qurban, warga sekitar akan tampak menghias hewan qurban dengan menggunakan pita atau hena.

Dengan cara ini mungkin mereka ingin membuat hewan qurban menjadi lebih rileks sehingga tidak mengalami stres. Bagaimana pun juga hewan qurban yang stress bisa mempengaruhi kualitas daging qurbannya.

Sebenarnya, masih ada banyak negara lain yang turut memiliki tradisi Idul Adha yang unik. Selain kelima negara di atas, termasuk India yang memiliki kebiasaan mudik ketika Idul Adha.

Tradisi mudik di Indonesia biasanya dilakukan menjelang Idul Fitri. Jadi, jangan heran jika berlibur ke India menjelang Idul Adha dan menemukan kereta api penuh sesak dengan penumpang muslim yang hendak mudik.

Marketplace jual kambing qurban Jakarta Selatan nomor 1 di Indonesia

Belakangan ini banyak orang yang bingung mau belanja hewan qurban tapi tidak mengetahui tempat yang tepat untuk melakukannya. Melihat fenomena ironis tersebut, Kandang Qurban kemudian bersama-sama mitra peternak lainnya bersama-sama membuat marketplace hewan qurban.

Di mana produk yang ditawarkan di Kandang Qurban bukanlah rumah, pakaian, perabotan rumah atau produk bank melainkan hewan qurban. Di Kandang Qurban, para konsumen bisa menemukan sapi, domba maupun kambing qurban dengan kualitas dan harga tertentu. Untuk menuntun pendatang agar lebih mengenal Kandang Qurban lebih baik dan matang, pelajari syarat dan ketentuannya berikut ini:

  • Cara Pembayaran

Proses pembayaran yang diberlakukan oleh Kandang Qurban cukup berbeda dengan marketplace lainnya. Karena bagaimana pun juga bisnis jual kambing qurban Jakarta Selatan online merupakan bisnis yang berbeda dari bisnis online lainnya.

Kandang Qurban hanya melayani pembayaran dalam dua pilihan yakni pembayaran DP atau lunas. Jika konsumen memilih untuk membayar kambing qurban secara DP maka total harga yang harus dilunasi adalah Rp 300 ribu (harga ini juga berlaku untuk domba) Sedangkan untuk DP seekor sapi tentu dipatok lebih mahal sekitar Rp 1 juta.

Sisa pembayaran DP akan dibayarkan secara langsung ketika kambing qurban sampai di tempat yang telah ditentukan. Ada pun proses pelunasan DP pembayaran hewan qurban harus dilakukan seminggu sebelum hari raya Idul Adha.

Jika proses pembayarannya macet atau konsumen tidak jadi membeli kambing qurban dari Kandang Qurban maka akan langsung dilakukan refund dengan potongan harga Rp 100 ribu. Potongan ini dianggap sebagai ongkos ganti rugi yang ditetapkan oleh Kandang Qurban oleh seluruh konsumen.

  • Hewan yang Disediakan Dijamin Kualitasnya

Selain menjelaskan tentang bagaimana proses pilih dan jual kambing qurban Jakarta Selatan 2020. Kandang Qurban juga menjelaskan tentang bagaimana kondisi kambing qurban yang disediakan. Mayoritas peternak yang bekerja sama dengan Kandang Qurban adalah peternak terbaik yang memiliki pengalaman tinggi di bidang ini.

Mereka mengetahui bagaimana cara treatment yang benar terhadap hewan qurban yang memang jauh lebih rumit daripada hewan lainnya. Namun, penting diingat bagi para konsumen jika seluruh mitra peternak kambing qurban di Kandang Qurban sudah terjamin kualitas hewan ternaknya. Jadi tidak perlu khawatir merugi jika membeli di Kandang Qurban.

  • Terkait Pemilihan Hewan Bisa Online atau Visit Langsung

Menariknya meskipun proses pembelian dilakukan secara online, di Kandang Qurban konsumen bisa melakukan pemilihan hewan qurban melalui tiga media. Kandang Qurban menawarkan transaksi melalui WA atau visit langsung ke area peternakan biasanya proses ini dilakukan H-14.

Namun jika konsumen berhalangan hadir atau tidak sempat untuk berkunjung langsung, maka bisa melihat dan memilih melalui gambar bukti foto kambing qurban yang tertara di situs Kandang Qurban.

  • Pengiriman Dilakukan Malam Hari

Terakhir, yang perlu dipahami bagi para konsumen adalah proses pengiriman hewan di Kandang Qurban yang memang sengaja dilakukan di malam hari. Tujuannya agar kambing qurban tidak mengalami gangguan cuaca seperti kepanasan ketika dikirimkan di siang hari. Dengan demikian kambing qurban yang sampai ke tempat tujuan pun tidak akan tampak lesu atau bahkan menjadi stres.

Bagaimana pun juga sebagai marketplace yang menawarkan hewan qurban termasuk jual kambing qurban Jakarta Selatan hewan di tanah air, Kandang Qurban selalu berusaha memberikan yang terbaik pada konsumen.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp