Jual Hewan Qurban Jakarta

Jual hewan qurban Jakarta – Mengapa dalam setiap qurban harus menyembelih hewan? Karena pada hakikatnya qurban merupakan bentuk ibadah menyembelih ternak yang telah disebutkan dan dijelaskan dalam ayat Al Quran. Selain mengatur jenis hewan qurban, hari dan proses pelaksanaan penyembelihan qurban pun diatur dengan sedemikian rupa. Tanggal 11,12, 13 Dzulhijjah diambil sebagai tanggal yang terbaik untuk melakukan qurban atas dasar kerelaan karena Allah SWT.

Jual hewan qurban Jakarta dan sifat hewan yang dilarang diqurbankan

Pelaksanaan qurban hingga saat ini masih sering diperdebatkan oleh para ulama yakni tentang hukum qurban berdasarkan Hadis dan Al-Quran. Dari total ulama yang ada, 50:50 di antara ulama yang yakin hukumnya wajib dan sunah.

Sedangkan untuk jenis hewan qurban itu sendiri, harus dipilih yang sesuai persyaratan. Agar qurban sah dan diterima, pastikan jangan membeli hewan qurban dengan sifat berikut ini:

  • Al-Amya

Sapi atau kambing dan hewan qurban lainnya tidak boleh memiliki sifat Al-Amya yakni buta total. Kebutaan yang dialaminya pada kedua bola matanya.

  • Al-Jadzma

Selain dilarang membeli qurban dan jual hewan qurban Jakarta Barat dalam kondisi buta total. Peternak juga dilarang menjual hewan qurban yang tidak memiliki kaki, entah itu kaki belakang atau kaki depannya. Cacat tersebut bisa karena cacat bawaan atau karena kecelakaan.

  • Al-Jad’a

Saat memilih hewan qurban untuk diqurbankan, pengurban harus mengetahui profil hewan tersebut. Apakah termasuk Al-Jad’a atau tidak? Al’Jad’a merupakan kondisi di saat hewan qurban kehilangan hidungnya

  • Maqthu’ah al-ilyah

Meskipun hanya bagian ekornya saja yang hilang karena terputus, hewan qurban tersebut tetap dilarang untuk diqurbankan terkecuali putus ekor sudah ada sejak dia dilahirkan.

  • Maqthu’ah al-Lisan Kulliha

Kondisi fisik lainnya yang membuat suatu hewan qurban terlarang untuk diqurbankan adalah kehilangan lidahnya.

Sebenarnya masih ada banyak kondisi-kondisi lain yang membuat hewan qurban tidak sah dan diizinkan untuk diqurbankan di antaranya hewan yang sakit. Bisa juga karena aktivitas tertentu seperti kebiasaan hewan yang sering kali mengonsumsi kotorannya karena ditempatkan begitu lama di dalam kandang tanpa diberi makan dan lainnya.

Hukum qurban untuk orang meninggal dan hukum qurban kolektif

Pikiran untuk berqurban untuk anggota keluarga yang telah meninggal terkadang selalu terlintas dalam pikiran kita. Sehingga kita memilih untuk menghubungi tempat jual hewan qurban Jakarta online untuk membeli qurban. Berikut ini hukum melaksanakan qurban atas nama orang yang telah meninggal:

  • Qurban karena wasiat

Sebelumnya telah disebutkan secara singkat apa itu hukum qurban dalam Islam. Hal itu tertulis secara jelas melalui sabda Rasulullah yang diriwayatkan at-Tirmidzi. Di mana Rasulullah secara gamblang mengatakan jika dirinya mendapatkan perintah wajib untuk berqurban sedangkan itu sifatnya sunnah untuk orang lain.

Lantas untuk orang yang berqurban atas anggota keluarga atau rekan sejawatnya yang telah meninggal dan berwasiat padanya hukumnya sah. Karena niatan tersebut seperti nazar, hanya saja yang bersangkutan tidak mampu melaksanakannya karena telah meninggal.

Imam Muhyiddin Syarf an-Nawawi memberikan ketegasannya terkait hukum qurban untuk orang meninggal tertulis jelah dalam Kitab Minhaj ath-Thalibin. Di mana tidak akan pernah disebut sah berqurban bagi orang lain yang masih hidup tanpa seizinnya. Juga tidak sah berqurban bagi orang yang telah wafat bila tidak ada wasiat tentangnya.

Jadi berdasarkan hukum ini kita bisa menarik kesimpulan jika qurban tetap sah dan bisa dijalankan sesuai syariat Islam jika orang meninggal sebelumnya telah menuliskan dalam wasiatnya. Lalu wasiat tersebut dikatakan pada ahli waris yang kemudian mengurus segala kebutuhannya.

  • Qurban bukan karena wasiat

Berdasarkan pandangan positif yang dikemukakan oleh Abu al-Hasan Al-Abbadi mengatakan jika qurban termasuk sebagai sedekah. Sedangkan sedekah bagi orang meninggal sifatnya sah bahkan memberikan pahala dan amalan baik bagi yang wafat.

Imam Muhyiddin Syarf an-Nawawi mengungkapkan bila qurban yang dilakukan oleh orang yang telah meninggal menurut madzhab Maliki, Hanafi dan Hambali diperbolehkan. Meskipun dalam madzhab Maliki pun disinggung tentang hukum makruh. Mereka sepakat jika kematian bukanlah halangan bagi orang yang telang berpulang pada Allah untuk beribadah.

Apabila kita mengikuti pendapat yang diberkan oleh ulama yang memberikan izinnya, maka qurban yang dilakukan oleh orang yang meninggal adalah sah. Namun bukan dalam jenis qurban pada umumnya melainkan sebagai sedekah. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi untuk memesan qurban di tempat jual hewan qurban Jakarta.

Sedangkan untuk kurban kolektif diatur dengan hukum yang berbeda. Agar lebih jelas tentang bagaimana hukum Islam yang mengaturnya simak penjelasan berikut ini:

  • Hukum satu keluarga mengurbankan satu kambing

Berdasarkan sabda Imam Muslim dalam hadist Aisyah ra, beliau mengungkapkan jika Nabi Muhammad SAW menyembelih satu ekor domba demi menunaikan ibadah qurban sambil berdoa.

Dalam doanya tersebut secara jelas kita bisa menarik kesimpulan jika Rasulullah berqurban untuk dirinya sendiri, keluarga serta umatnya. Bahkan sahabat sang nabi pun mengikuti apa yang dilakukan beliau, karena dalam beberapa kesempatan mereka turut melihat Rasulullah qurban untuk dirinya dan keluarganya.

Beberapa ulama memang menilai melakukan qurban kolektif untuk satu keluarga itu tidak diizinkan. Namun, tetap saja pendapat ulama yang kuat dan diyakini banyak orang adalah diizinkan qurban satu keluarga hanya dengan seekor kambing.

  • Pemberian nama qurban kolektif

Anggota keluarga yang pergi ke tempat jual hewan qurban Jakarta murah dan membeli kambing untuk qurban satu keluarga tidak perlu mencantumkan nama seluruh anggota keluarga (pengqurban). Adapun nama yang boleh dicantumkan cukup nama pengqurban utama atau kepala keluarganya saja.

Berbanding terbalik jika itu adalah sapi qurban dinama diwajibkan untuk mencantumkan nama pengqurban.

Ada salah satu Fatwa yang secara mendalam mengatur tentang hukum qurban yakni Fatwa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ‘Ilmiyyah Wal Ifta’no 3055. Dalam fatwa tersebut kita bisa menarik beberapa kesimpulan antara lain.

  • Unta atau sapi qurban diperbolehkan untuk dipikul secara bersama-sama kurang lebih sebanyak 7 orang.
  • Pengqurban yang membeli seekor kambing diperbolehkan qurban untuk dirinya sendiri bersama anggota keluarganya.
  • Disebut tidak sah berqurban seekor kambing kolektif yang kemudian di atas namakan sekolah, desa, jama’ah maupun RT. Bila memaksa, maka kambing yang disembelih bukan termasuk hewan qurban melainkan sedekah kambing biasa.
  • Mengapa seekor kambing diwajibkan untuk satu orang dan unta untuk tujuh orang? Ini karena harga dari kedua jenis hewan tersebut jauh berbeda. Untuk mengurangi beban finansial maka diaturlah seperti itu.

Poin-poin penting yang terdapat pada fatwa di atas sudah disahkan lalu dibubuhi oleh tanda tangan oleh Abdul’ Aziz dan Abdullah. Jadi, sekiranya para umat muslim bisa mengikuti hukum kolektif yang ada dan dijelaskan secara sederhana di atas. Agar qurban yang dilakukan benar-benar diterima dan sah di mata agama.

Jual hewan qurban Jakarta di Kandang Qurban

Nama Kandang Qurban belakangan ini banyak diperbincangkan di dunia maya, karena Kandang Qurban dikenal sebagai marketplace nomor 1 yang hadir di nusantara. Kehadirannya membawa banyak keuntungan bagi tiga pihak yakni peternak, penyedia layanan hewan qurban online dan tentunya pengqurban. Berikut ini alasan mengapa pengqurban wajib membeli kambing, domba maupun sapi qurban di Kandang Qurban:

  • Hewan qurbannya berkualitas tinggi

Salah satu alasan mengapa banyak pengurban yang tertarik membeli di Kandang Qurban adalah karena kualitas hewan qurbannya jelas-jelas nomor satu. Hewan qurban yang ada di sini sudah diuji kualitas dan kesehatannya.

Sehingga pengurban tidak perlu khawatir jika hewan qurban yang dibelinya dari tempat jual hewan qurban Jakarta Pusat ini memiliki masalah kesehatan bahkan cacat. Selain memiliki reputasi sebagai pebisnis yang baik, Kandang Qurban pun memiliki reputasi sebagai peternak berkualitas dan berpengalaman.

Bekerja sama dengan para peternak di seluruh Indonesia, Kandang Qurban selalu menawarkan hewan qurban hasil peternakan unggulan yang cocok untuk diqurbankan. Entah itu pada Hari Raya Idul Adha maupun hari qurban lainnya termasuk aqiqah.

  • Menyediakan program qurbanku berbagi

Di Kandang Qurban, pengqurban tidak hanya memiliki kesempatan untuk membeli qurban yang akan disembelih dan dibagikan di kampung atau RT-nya saja. Melainkan bisa turut mengikuti program Qurbanku Berbagi. Program yang dicanangkan oleh Kandang Qurban untuk membantu daerah-daerah di Indonesia yang sulit mendapatkan daging qurban ketika Idul Adha.

Program ini dijalankan atas dasar kemanusiaan. Pengqurban yang tertarik untuk membantu saudara-saudaranya yang kurang mampu dipersilahkan untuk mengikuti program tersebut.

  • Laporan transparan

Alasan lain mengapa harus membeli sapi qurban dari tempat jual hewan qurban Jakarta Barat online, Kandang Qurban adalah laporan qurban yang diberikan secara transparan. Seluruh aktivitas yang terjadi termasuk dalam program Qurbanku Berbagi dirinci dengan sebaik mungkin oleh staf Kandang Qurban. Sehingga para pengqurban bisa melihat dan menyesuaikan data yang ada dengan pesanan yang diinginkan.

  • Memberdayakan peternak

Dari kacamata para konsumen, kehadiran Kandang Qurban tentu sebagai oasis di tengah sulitnya mendapatkan qurban murah terutama menjelang Hari Raya Idul Adha. Sedangkan di tengah para peternak, kehadiran Kandang Qurban menjadi wadah penjualan hewan qurban yang sangat efisien dan terpercaya.

Para peternak bisa menawarkan hewan qurban mereka dengan cara yang lebih mudah dan menjangkau seluruh Indonesia. Mengingat media marketing online kini lebih banyak digunakan sebagai media promosi daripada media lainnya.

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara

Ketika progres penjualan dari hewan qurban mengalami peningkatan secara tidak langsung akan ikut membantu pertumbuhan ekonomi negara dalam sektor peternakan. Kandang Qurban turut menjadi lapangan pekerjaan baru bagi beberapa orang yang ingin bekerja di bisnis online atau terjun langsung di bisnis peternakan.

Perputaran uang yang terjadi secara online di marketplace nyatanya jauh lebih besar daripada yang terjadi di peternakan. Karena setiap hari ada saja orang yang membeli hewan qurban untuk kebutuhan tertentu, termasuk qurban aqiqah maupun qurban dam. Dan tidak menutup kemungkinan pengqurban sengaja membeli hewan qurban online untuk kepentingan investasi atau peternakan.

Demikian tentang Kandang Qurban, marketplace hewan qurban di Indonesia yang menawarkan fitur penjualan modern secara online. Jika tertarik untuk menjadi peternak maupun pengqurban di Kandang Qurban maka cukup hubungi Kandang Qurban di 0812-1000-110 atau bisa juga melalui kontak messenger jika ingin tanya tentang penawaran jual hewan qurban Jakarta.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp