harga kambing qurban jakarta

Harga kambing qurban di Jakarta – Idul Adha merupakan salah satu hari paling istimewa yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Bagi mereka yang tidak menunaikan ibadah haji, wajib untuk mengikuti serangkaian acara kurban setelah menunaikan shalat I’d. Adapun salah satu hewan qurban paling populer yang banyak diminati warga muslim Jakarta adalah kambing qurban.

Perkiraan harga kambing qurban di Jakarta

Mengenai harga kambing qurban sendiri memang bervariasi, tergantung dari:

  • Daerah tempat Anda beli kambing qurban
  • Jenis kambing yang diqurbankan
  • Berat kambing qurban
  • Kondisi kambing qurban

Namun rata-rata harga pasar kambing qurban saat ini mulai dari 1 jutaan rupiah sehingga memang lebih murah daripada berqurban sapi yang notabene mencapai harga hingga jutaan rupiah.

Meskipun sama-sama di Jakarta, harga kambing yang dipatok antara satu tempat peternakan atau agen kambing kurban bisa berbeda-beda. Ini tergantung dari bobot kambing yang ditawarkan. Pada dasarnya harga kambing dipatok mulai dari Rp. 1.5 juta- Rp. 4 juta.

Harga tersebut bisa berubah tergantung dari berat kambingnya, jika bobot kambingnya makin besar maka harga yang dipatok pun makin besar. Selain dipengaruhi dari bobotnya, harga pun bisa ikut naik turun tergantung dari usia kambing tersebut. Lalu semakin tua usia kambing maka semakin mahal karena usia yang mengikuti biasanya akan turut berpengaruh pada kondisi fisik kambing yang menjadi lebih berat dan kokoh.

Harga kambing yang relatif mahal bagi beberapa orang membuat mereka memutuskan untuk menawar harga. Lantas, boleh atau tidak menawar kambing untuk kepentingan qurban?

Jika mengacu pada hadis yang ditulis oleh Ali Bin Abi Thalib mengungkapkan jika “Allah SWT memerintahkan pada seluruh umat muslim untuk tampil mengenakan pakaian terbaik yang mereka miliki, hadir dengan wewangian terbaik dan berkurbanlah dengan mengurbankan hewan termahal yang ada”

Bila menangkap arti tersirat dalam penggalan kutipan di atas, kita bisa menarik kesimpulan sendiri jika sebaiknya membeli hewan qurban tidak dilakukan tawar menawar. Karena bahkan Allah SWT pun memerintahkan umatnya untuk mengurbankan hewan termahal.

Sedangkan hakikat tawar menawar adalah menurunkan harga dari mahal menjadi lebih murah, sangat bertolak belakang dengan apa yang dimaksud oleh Ali Bin Abi Thalib tersebut.

Dan selain kutipan tersebut, masih ada hadis lainnya yang sama-sama mengatur tentang keistimewaan membeli hewan qurban termahal. Yakni dalam HR. Al Hakim yang tertera jelas dalam Al Mustadrak No. 7560.

Meskipun harganya mahal, seseorang yang mampu secara materi sangat dianjurkan untuk melakukan qurban. Jika tidak bisa berqurban unta, sapi atau kerbau dan domba maka pilihlah kambing qurban dengan syarat sah dan kriteria bagus sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Karena setelah kambing qurban itu disembelih dan dibagikan, yang merasakan dagingnya bukanlah kita sebagai pengurban namun orang lain yang tidak mampu. Akan kurang sempurna rasanya bila kita memberikan sedekah atau qurban pada orang lain dari hewan qurban yang kurang sempurna.

Namun, bila kita masih merasa belum mampu untuk berkurban sendiri maka tidak pula memaksakan diri bahkan menawar kambing qurban. Akan lebih baik mengumpulkan tiap rupiah yang didapatkan hingga terkumpul dan bisa digunakan untuk membeli kambing qurban kualitas terbaik.

Dan ketika uang yang terkumpul sudah bisa membeli kambing qurbannya. Jangan langsung terperdaya untuk membelinya di tempat tertentu. Cari tahu terlebih dahulu kualitas dari tempat jual kambing qurban dan bandingkan harga mereka. Agar kita memperoleh kambing qurban terbaik dengan harga yang sewajarnya.

Harga kambing qurban di Jakarta dan ketentuan berqurban

Banyak yang tidak tahu bagaimana kriteria dan ketentuan qurban kambing dengan baik sesuai syariat Islam. Sebagaimana yang diamalkan dalam Ibnu Majah No. 3147 Al-Hafizh Abu Thahir dan HR. Tirmidzi no. 1505 dikatakan jika qurban yang dilakukan pada zaman dahulu ketika zaman Rasulullah menggunakan seekor kambing.

Satu ekor kambing bisa diniatkan untuk seorang diri atau sekeluarga. Lantas, daging kambing yang telah disembelih bisa langsung dibagikan kembali pada orang lain. Adapun niat qurban sekeluarga yang sesuai harus dengan berbagai kondisi berikut:

  • Tinggal dalam satu atap yang sama.
  • Istri bisa juga satu kerabat meskipun dalam garis keturunan kerabat cukup jauh.
  • Yang diniatkan untuk memperoleh pahala adalah orang-orang yang wajib diberikan nafkah oleh kepala keluarga termasuk anaknya yang masih kecil dan orang tuanya. Bisa juga sebagai hadiah dengan mengikutsertakan anggota keluarga lainnya termasuk saudara lain dan paman.

Syarat syah hewan layak qurban

  • Binatang Ternak

Harga kambing qurban di Jakarta online bisa sewaktu-waktu berubah tergantung dengan jenis kambing yang dipilih. Terlepas masalah harga, hendaknya pilih hewan qurban yang sesuai dengan syarat sah qurban. Salah satu syarat hewan layak diqurbankan di antaranya adalah termasuk dalam jajaran binatang ternak.

Kambing memang masuk dalam jajaran binatang ternak di Indonesia, karena selain diambil susunya untuk diolah para peternak pun mengambil dagingnya.

  • Halal

Selain kambing, sapi, kerbau, domba maupun onta masih ada babi yang juga termasuk dalam hewan ternak. Meskipun begitu, babi tidak dianjurkan untuk diqurbankan karena bukan termasuk hewan halal.

Dalam tubuh babi terkandung cacing pita yang diyakini dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia. Kepercayaan tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa dalam Islam mengonsumsi daging babi diharamkan.

  • Sehat

Peternak hewan tidak hanya memberikan tempat bernaung dan makanan yang dibutuhkan oleh hewan mereka, tapi turut memberikan vitamin dan perawatan dokter jika dibutuhkan. Sebelum melihat daftar harga kambing qurban di Jakarta Selatan pastikan perhatikan pula riwayat kesehatannya.

Sebagus dan sebaik apa pun kondisi tubuhnya tetap dikatakan cacat bila kambing tersebut buta atau pincang. Padahal dalam syarat qurban, diharamkan untuk memilih hewan yang cacat sejak lahir atau cacat karena keteledoran manusia.

  • Umur yang Pas

Memilih kurban kambing tentunya sudah tahu berapa umur yang sesuai. Usia 1 tahun usia yang sudah cukup matang bagi kambing untuk bisa berdiri sendiri dan menjadi lebih mandiri. Bahkan kita bisa melihat perubahan bentuknya yang menjadi jauh lebih besar dan berat.

Namun beberapa ulama menghimbau agar memilih kambing di usia 2 tahun, usia pertumbuhan yang jauh lebih tepat untuk qurban kambing.

Cacat kambing qurban sehingga tidak layak diqurbankan

Sebelumnya telah disampaikan sedikit tentang hukum cacat pada hewan qurban. Faktanya, cacat yang dialami oleh hewan qurban itu dibagi dalam 3 kategori:

  • Cacat yang Membuat Kambing Qurban Tidak Sah

Ada 4 kondisi yang masuk dalam kategori kambing qurban cacat sehingga membuatnya tidak sah untuk diqurbankan dalam Idul Adha. Jika cacat yang ditemukan ada dalam kelompok ini, baiknya jangan mau jika diajak negosiasi harga kambing qurban di Jakarta Barat.

  • Terbukti buta sebelah. Namun bila kebutaan tersebut belum diyakini oleh orang lain padahal salah satu matanya memang tidak bisa melihat, maka kambing masih sah untuk diqurbankan. Kambing yang memiliki rabun senja pun sah diqurbankan karena rabun senja tidak termasuk pada kondisi buta sebelah.
  • Dalam kondisi benar-benar sakit. Manusia sakit saja bisa diprediksi dengan baik apalagi hewan. Dengan kasatmata kita sudah bisa menilai mana kambing yang benar-benar sehat dan tidak.
  • Pincang yang terdeteksi sangat jelas di mana ketika kambing tersebut dibawa berjalan salah satu kakinya tidak bisa berfungsi dengan baik.
  • Terlalu tua hingga fungsi sumsum tulangnya sudah tidak ada lagi.

Itulah beberapa kecacatan pada hewan yang memang sebaiknya tidak diqurbankan.

  • Cacat yang Membuat Kambing Qurban Menjadi Makruh

Berapa harga kambing qurban di Jakarta? pertanyaan ini marak sekali ditanyakan menjelang Idul Adha mengingat banyak oran tertarik untuk qurban kambing. Tapi hendaknya jangan membeli kambing yang cacat bahkan menjadikan hewan tersebut makruh.

Kambing qurban bisa dikatakan makruh bila dia memiliki beberapa ciri fisik termasuk seluruh maupun sebagian besar telinganya terpotong. Bisa juga dilihat dari ciri fisik di mana tanduknya patah dan pecah.

  • Cacat yang Memberikan Sedikit Pengaruh

Bila hewan yang ingin dibeli tidak masuk dalam 6 kategori yang telah disampaikan pada dua poin di atas, maka status hewan tersebut masih sah untuk dikurbankan meskipun kurang sempurna.

Agar lebih jelas kondisi fisik kambing inilah yang dinamakan cacat dan memberikan sedikit pengaruh:

  • Ompong
  • Tidak berekor
  • Tidak berhidung
  • Sedang mengandung

Kriteria kambing qurban paling sempurna

Lalu, apa kriteria kambing qurban yang sempurna? Yang mana bila dikurbankan akan mendatangkan banyak pahala bagi siapa pun yang melakukannya:

  • Gemuk dan Sempurna

Negosiasi harga kambing kurban di Jakarta harus dilakukan secara serius dan hati-hati. Seseorang tidak boleh asal pilih hewan qurban, apalagi selain harganya cukup mahal ini juga berhubungan dengan ibadah.

Dari sekian banyak kriteria kambing qurban yang lolos di mata alim ulama, kriteria utama adalah memiliki tubuh gemuk nan sehat dan sempurna secara fisik. Dikatakan sempurna secara fisik artinya tidak memiliki kondisi cacat selayaknya yang telah disebutkan di poin sebelumnya.

Sedangkan kambing gemuk akan memberikan jumlah daging yang jauh lebih berbobot daripada kambing kurus. Maka dari itu, pilihlah jenis kambing yang memiliki bobot tubuh besar secara alami entah itu kambing jawa maupun kambing etawa.

  • Warna Putih

Menariknya, dari sekian banyak jenis kambing ada beberapa kambing yang murni memiliki warna putih. Sebenarnya selain kambing, hewan qurban lainnya diprioritaskan memiliki warna putih nan suci. Jika tidak tersedia baru diperbolehkan untuk berkurban kambing dengan warna abu-abu atau hitam.

  • Jantan

Harga kambing qurban di Jakarta yang murah bisa dibedakan dengan mudah dari jelas kelaminnya. Untuk kambing jantan tentu jauh lebih mahal mengingat dari segi bobot pun jauh lebih besar daripada kambing betina.

Namun, jenis kambing yang diizinkan dan paling diutamakan untuk dikurbankan di Idul Adha merupakan kambing jantan. Selain karena ukuran bobotnya yang jauh lebih besar, kambing jantan pun tidak akan terpengaruh oleh kehamilan. Sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan tentang kemungkinan sedang mengandung ketika akan diqurbankan.

Jika Anda butuh hewan qurban terbaik serta info tentang harga kambing qurban di Jakarta ataupun jenis hewan lainnya, maka silahkan kontak kami KandangQurban.com. Kami jual berbagai macam hewan qurban seperti domba, sapi dan kambing terbaik yang sudah sesuai syariat Islam dan layak untuk diqurbankan.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required