harga hewan qurban di jakarta

Harga hewan qurban di Jakarta – Bagi yang ingin berqurban namun belum tahu sepenuhnya mengenai qurban. Berikut ada penjelasan lebih lengkap tentang pelaksanaan qurban yang semoga bermanfaat bagi Anda umat Muslim yang ingin berqurban di hari raya lebaran Idul Adha.

Berapa harga hewan qurban di Jakarta?

Pertama soal perkiraan harga hewan qurban di pasaran dimana harga hewan qurban memang tergantung dari jenis hewan, kondisi hewan, serta bobot hewan qurban. Namun sudah jadi rahasia umum bahwa harga sapi qurban jauh lebih mahal daripada harga kambing maupun domba.

Kriteria dalam memilih hewan qurban yang bisa disesuaikan dengan harganya yaitu:

  • Bobot qurban bisa memilih yang ringan untuk dapat harga murah
  • Jenis hewan qurban yang paling banyak dicari dan terbaik, namun tetap terjangkau
  • Kondisi hewan qurban yang tidak cacat serta sehat menjadi hal wajib

Untuk harga rata-rata kambing dan domba di pasaran mulai dari satu jutaan rupiah, sedangkan harga sapi bisa mulai dari 10 jutaan tergantung jenisnya.

Harga hewan qurban di Jakarta dan penjelasan lebih lengkap tentang qurban

  • Pengertian Qurban

Secara etimologi kata qurban berasal dari bahasa Arab yaitu qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan wa qirbanan. Artinya  dekat, maksudnya mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan perintah Allah.

Sedangkan kata Idul Adha timbul dari istilah agama, udhhiyah yaitu bentuk jamak dari kata dhahiyyah yang asal katanya dhaha artinya waktu dhuha. Karena kegiatan penyembelihan dilakukan saat waktu dhuha di tanggal 10 hingga 13 bulan Dzulhijjah. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa qurban ialah kegiatan penyembelihan hewan qurban sebagai bentuk ibadah kepada Allah di hari raya Idul Adha dan 3 hari Tasyriq.

  • Hukum Melaksanakan Qurban

Melaksanakan qurban hukumnya sunnah muakkad atau dikatakan sebagai sunnah yang dikuatkan. Juga dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan qurban sejak ibadah tersebut disyariatkan hingga beliau meninggal. Imam Syafii dan Imam Malik juga mengukuhkan bahwa berqurban hukumnya sunnah muakkad.

Sedangkan pendapat Imam Abu Hanifah bahwa kurban ialah ibadah yang wajib dilakukan bagi masyarakat yang mampu dan tidak sedang safar. Harga hewan qurban Jakarta mungkin juga bisa dicek harga hewan qurban di Jakarta online.

  • Hikmah dan Keutamaan Qurban

Berqurban ialah ibadah yang penuh manfaat, hikmah dan keutamaan begitu juga dilihat dari hadis. “Aisyah menuturkan dari Rasulullah SAW bahwa bersabda, ‘Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak adam di hari Raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih  hewan. Disebabkan hewan tersebut akan datang pada hari Kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya serta kukunya. Tetesan darah dari hewan tersebut akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Sehingga lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” Hadits Hasan dengan periwayatnya Al-Tirmidzi.

Jika disebutkan  menurut Zain Al-Arab bahwa ibadah yang sangat utama dilakukan pada hari raya Idul Adha ialah melakukan qurban karena Allah. Karena  nanti di hari kiamat, hewan tersebut akan datang pada pemiliknya dengan keadaan utuh, bahkan tidak ada yang kurang dari anggota tubuhnya serta semuanya akan bernilai pahala baginya. Hewan tersebut juga digambarkan sebagai kendaraan untuk berjalan di atas shirath. Itulah balasan dan bukti keridhaan Allah kepada orang yang melakukan ibadah qurban tersebut.

Selain itu, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah, diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan qurban, namun ia tidak mau berqurban, maka sesekali ia janganlah mendekati tempat shalat kami.” Jika ingin harga hewan qurban murah mungkin bisa mencari tahu harga hewan qurban di Jakarta murah.

Selain manfaat di atas dengan segala keutamaannya, dengan melaksanakan qurban berguna untuk menghilangkan sifat manusia yang serakah, egois serta sifat individualnya. Sehingga diharapkan manusia bisa memanfaatkan hidupnya untuk mendapatkan ridha Allah.

  • Hakikat Pelaksanaan Qurban

Jika dilihat dari dimensi vertikal, maka hakikat pelaksanaan kurban ialah sebagai ibadah untuk mendapatkan keridhaan Allah. Sedangkan jika dilihat dari segi horizontal maka pelaksanaan kurban memiliki hakikat untuk membahagiakan kaum fakir miskin di hari Idul Adha.

Sama halnya dengan lebaran Idul Fitri yang diberikan zakat fitrah untuk membahagiakan kaum yang membutuhkan juga. Begitulah daging qurban harus diberikan kepada kaum fakir dan miskin dan yang membutuhkan. Namun, tetap bisa menyisihkan sedikit untuk kebutuhan konsumsi keluarga, namun selebihnya dibagikan kepada fakir miskin.

Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Hajj ayat 28 yang artinya, “Maka makanlah sebagian dari padanya dan sebagian lagi berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir”.

  • Kriteria Hewan untuk Qurban

Memilih hewan qurban tidak dilakukan sembarangan sebab ada syarat dan kriteria yang harus diperhatikan. Jika ingin mengetahui harga hewan qurban di Jakarta Barat mungkin bisa bertanya kepada peternak yang menjual hewan qurban. Jika dilihat dari pendapat imam Malik maka hewan qurban yang paling utama  yaitu kambing atau domba, setelah itu sapi dan selanjutnya unta. Namun pendapat Imam Syafii hewan qurban yang paling utama yaitu unta, kemudian sapi, kemudian kambing. Kriteria hewan untuk qurban sendiri yang cukup usia dan tidak cacat.

  • Ketentuan  Hewan Qurban

Kapasitas orang pemilik qurban, seekor domba atau kambing diperuntukkan untuk satu orang sedangkan hewan kerbau dan sapi untuk 7 orang. Sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim 1967, yang artinya: “dari Aisyah RA, menginformasikan sesungguhnya Rasulullah SAW menyuruh untuk mendatangkan satu ekor domba atau kibas yang bertanduk. Kemudian domba itu didatangkan kepadanya untuk melaksanakan qurban.

Beliau berkata kepada Aisyah: ‘Wahai Aisyah, ambilkan untukku pisau (golok). Nabi selanjutnya memerintahkan Aisyah: Asahlah golok itu pada batu asah. Kemudian   Aisyah melakukan sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah. Kemudian Nabi mengambil golok tersebut dan mengambil domba, membaringkannya dan menyembelih sambil berdoa; Dengan nama Allah, wahai Allah terimalah dari Muhammad dan keluarga Muhammad dan umat Muhammad, beliau berkurban dengan  domba itu.”

Sebelum membeli hewan qurban perlu mengetahui harganya, misalnya harga hewan qurban di Jakarta Selatan untuk warga Jakarta Selatan.

  • Waktu Qurban Dilakukan

Waktu yang tepat mulai dilakukannya qurban ialah setelah matahari setinggi tombak atau sesudah shalat Idul Adha hingga terbenam matahari tanggal 13 Dzulhijjah. Mengenai pembagian daging qurban dibagi atas 3 bagian dan tidak diharuskan sama rata. Satu bagian untuk fakir dan miskin, satu bagian lagi untuk dihadiahkan sedangkan bagian yang terakhir untuk diri serta keluarga namun tetap secukupnya. Dan perlu dicatat syarat porsi daging untuk dihadiahkan serta untuk dikonsumsi oleh sendiri tak lebih dari 1/3 dari daging qurban tersebut. Namun, jika diperbanyak untuk fakir dan miskin lebih baik untuk dilakukan.

Berikut adab dan cara menyembelih hewan berdasarkan sunnah

Cara menyembelih hewan terbagi 2, yang pertama menyembelih hewan dengan cara melukai bagian pangkal leher atau tempat kalung hewan tersebut. Cara pertama ini dilakukan untuk menyembelih unta.

Sedangkan cara kedua, menyembelih hewan dengan cara melukai pada bagian leher paling atas atau ujung leher, dan cara ini yang digunakan pada umumnya seperti ayam dan kambing. Berikut adab yang perlu diperhatikan saat ingin menyembelih hewan qurban:

  • Pemilik sendiri

Hewan qurban tersebut hendaknya disembelih oleh pemiliknya sendiri. Namun jika memang tidak mampu melakukannya sendiri, maka boleh diwakilkan dan pemilik hewan qurban tersebut melihat proses penyembelihannya.

  • Pisau yang tajam

Saat menyembelih hewan harus menggunakan pisau setajam mungkin, bahkan semakin baik kalau pisau tersebut semakin tajam. Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwa dari Syaddad bin Aus RA bahwa Rasulullah Saw, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihnya.

  • Jangan asahkan pisau di hadapan hewan qurban

Pisau yang akan digunakan untuk menyembelih hewan qurban jangan diasah di depan hewan tersebut karena hewan yang akan disembelih akan ketakutan.

  • Hadapkan ke arah kiblat

Hewan yang akan disembelih dihadapkan ke arah kiblat pada posisi organ yang akan disembelih bukan wajahnya. Sehingga hewan tersebut diposisikan kepalanya ke bagian Selatan, kakinya di bagian Barat dan lehernya menghadap ke arah Barat. Mengenai harga hewan qurban mungkin agak sulit untuk mencari harga hewan qurban di Jakarta yang murah.

  • Baringkan hewan tersebut

Cara membaringkan hewan ini juga tidak dilakukan sembarangan, tetapi dengan membaringkannya di atas lambung bagian kiri. Para ulama telah sepakat cara membaringkan yang benar adalah dengan membaringkan hewan tersebut ke arah kiri. Sebab ini akan mempermudah proses penyembelihannya.

  • Injakkan kaki di leher hewan

Ini berdasarkan  hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik Ra, beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW melaksanakan qurban dengan 2 ekor domba. Aku lihat beliau meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut kemudian membaca bismillah.

  • Ucapkan Bismillah

Saat akan menyembelih harus mengucapkan Bismillah dan ini wajib hukumnya. Sebagaimana firman Allah dalam Surah An’am ayat 121, “janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan tersebut adalah suatu kefasikan.”

  • Anjuran membaca takbir

Adab menyembelih hewan juga dengan membaca takbir yang dibacakan setelah membaca bismillah. Hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, dari Anas bin Malik RA bahwa Nabi SAW pernah menyembelih 2 ekor domba bertanduk, beliau sembelih dengan tangannya dan baca bismillah serta bertakbir…”

  • Menyebut nama

Saat dilakukan penyembelihan, dianjurkan untuk menyebutkan nama orang yang menjadi tujuan dikurbankannya hewan tersebut. Bacaan takbir serta nama sohibul qurban, sunnah hukumnya. Sehingga jika kedua hal tersebut tidak dilakukan, qurban tersebut tetap sah dilakukan.

  • Lakukan dengan cepat

Penyembelihan dilakukan dengan cepat bertujuan agar meringankan sakit yang dialami hewan tersebut.

  • Pasti organ yang ada di leher terpotong

Organ yang dimaksud di sini ialah tenggorokan, kerongkongan dan dua urat leher bagian kanan dan kiri. Saat menyembelih perlu dipastikan bahwa bagian tenggorokan, kerongkongan dan dua urat leher tersebut terputus dan ini adalah yang terbaik untuk dilakukan.

  • Kaki kanan dibiarkan

Dianjurkan agar kaki bagian kanan hewan yang disembelih dibiarkan bergerak agar lebih cepatnya meregang nyawa hewan tersebut.

  • Tidak boleh patahkan leher

Tidak dianjurkan untuk mematahkan leher hewan yang disembelih sebelum hewan  tersebut benar-benar mati.

Sekian artikel tentang harga hewan qurban di Jakarta dan info penting tentang syarat dan adab dalam berqurban serta pemotongannya. Jika Anda butuh hewan qurban di Jakarta berkualitas bisa menghubungi kami, Kandang Qurban.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required