Harga Hewan Qurban Di Depok

Harga hewan qurban di Depok – Rasa gembira merayakan Hari Raya Idul Adha sudah lama berlalu. Akan tetapi, kesannya masih tetap terasa sampai sekarang. Lebaran Idul Adha memang memiliki keistimewaan tersendiri. Di mana umat muslim berbondong-bondong menyembelih hewan qurban setelah menyelesaikan serangkaian ibadah dan silaturahmi. Hewan ternak yang diqurbankan mayoritas diisi dengan kambing, sapi maupun domba qurban.

Macam-macam hewan qurban dan harga hewan qurban di Depok

Warga Depok dan sekitarnya memiliki tradisi yang unik menjelang Hari Raya Idul Adha. Meskipun tergolong sebagai kota bisnis, kesadaran pengqurban di Depok cukup tinggi. Terbukti dari banyaknya pengqurban dan pasar hewan qurban yang dibuka menjelang lebaran Idul Adha.

Tradisi qurban dalam Idul Adha mengharuskan pengqurban untuk menyembelih hewan ternak dari beberapa golongan yakni unta, sapi, domba dan kambing. Keempatnya merupakan jenis hewan ternak yang jumlah dagingnya cukup melimpah. Cari tahu selengkapnya tentang perbedaan macam-macam hewan qurban tersebut berikut ini.

  • Kambing

Pada dasarnya, mayoritas hewan qurban yang disembelih di lebaran Idul Adha adalah domba. Tapi karena postur tubuh dan visualnya hampir mirip dengan kambing membuat banyak pihak salah paham lantas menyebut hewan tersebut kambing.

Populasi domba ternak di dalam negeri memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kambing. Meskipun Indonesia juga punya kambing sendiri yang dibudidayakan secara massal yakni kambing kacang. Selain kambing kacang, kambing lainnya yang cukup sering diqurbankan adalah kambing etawa.

Harga hewan qurban di Depok untuk Idul Adha dari ras kambing etawa sebenarnya cukup terjangkau apalagi bila dibandingkan dengan sapi yang mencapai puluhan juta. Tidak hanya menawarkan kambing etawa, para peternak juga cukup sering menawarkan kambing PE dari hasil silang kambing kacang dengan etawa.

Kambing peranakan etawa ciri fisiknya hampir sama dengan kedua ras indukannya. Kambing ini memiliki postur tubuh tinggi dan langsing mirip kambing kacang.

  • Domba

Sebelum dibudidayakan secara massal sebagai domba potong, nenek moyang kita lebih tertarik untuk membudidayakan domba agar bisa diambil bulunya. Budidaya domba untuk diambil bulunya tersebut terjadi di zaman penjajahan.

Sementara itu, setelah Indonesia merdeka dari penjajah. Fungsi domba mulai mengalami pergeseran. Karena berbeda dari bangsa Eropa yang suka mengambil bulu domba, bangsa pribumi tidak menyukai gagasan tersebut. Terutama karena iklim dalam negeri yang beriklim tropis.

Melihat fenomena tersebut memberikan satu kesadaran pada nenek moyang kita jika domba berbulu tebal bukan ras yang sesuai untuk dikembangbiakkan di Indonesia. Maka dari itu, mulailah penelitian untuk mengembangkan domba dari dua bibit.

Bibit yang pertama dikembangkan menghasilkan domba garut yang bagi masyarakat luas lebih dikenal sebagai domba priangan. Tapi selain domba priangan, masih ada jenis domba lainnya termasuk domba kisar yang ada di Kepulauan Maluku.

Update harga hewan qurban di Depok untuk ras domba garut umumnya ditulis secara berurutan dengan domba ras lainnya. Sehingga pengqurban yang ingin berqurban domba bisa memilih dengan lebih cepat dan mudah.

Sebagai tambahan edukasi, domba kisar yang dikembangkan di Kepulauan Maluku kabarnya sudah ada sejak ekspedisi Portugis. Ketika melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan dengan tujuan untuk mencari dan mengumpulkan rempah-rempah, orang Portugis menemukan domba kisar. Domba kisar tersebut kemudian dibawa ikut serta dalam ekspedisi hingga memasuki Kepulauan Maluku.

  • Perbedaan Kambing dan Domba

Secara visual seseorang mungkin tidak bisa membedakan dengan mudah antara domba dan kambing, namun bila memperhatikan tingkah lakunya akan diperoleh beberapa perbedaan. Patokan paling mudah untuk membedakan keduanya tidak lain dari bulunya. Domba memiliki bul yang lebih lebat daripada kambing.

Makanan keduanya pun berbeda walau sama-sama herbivore. Kebiasaan domba adalah merumput, beda dari kambing yang bisa memiliki dua cara makan yakni merumput dan memanjat dahan pohon untuk makan.

  • Perbedaan Sapi Lokal dan Impor

Setelah menyingkap beberapa perbedaan di antara kambing dengan domba, kali ini kita bahas tentang sapi local vs sapi impor. Perbedaan antara keduanya, tidak hanya berdasarkan harga hewan qurban di Depok online tapi juga berbeda dari ciri fisiknya.

Di Indonesia ada satu ras sapi yang paling populer dan laris baik di kalangan peternak maupun pembeli. Sapi bali adalah ras sapi local tipe pedaging yang memiliki postur sedang. Saat tumbuh dewasa, bobot sapi sekitar 275 kg – 1000 kg. Besarnya bobot sapi bali tergantung dari perawatan sekaligus penggemukannya. Semakin baik peternak memperlakukan sapinya maka akan semakin sehat dan besar tubuhnya.

Tidak hanya memiliki sapi bali, Indonesia juga mempunyai ras sapi madura dilanjut dengan sapi aceh, sapi PO dan sapi dari pesisir Sumbar. Uniknya, dari semua ras sapi local tersebut sapi pesisir Sumbar memiliki postur tubuh yang sangat mungil sehingga tidak jarang peternak menyebutnya dengan sapi mini.

Persilangan sukses yang melibatkan sapi bali dan sapi jawa dan sapi lainnya menghasilkan ras sapi madura. Sementara itu sapi PO merupakan persilangan sapi local dengan sapi ongole. Sapi ongole cukup banyak dibiakkan di Provinsi Jatim dan sekitarnya, peternak biasanya memanfaatkan sapi tersebut sebagai sapi pekerja.

Mayoritas sapi Indonesia memiliki ukuran tubuh yang kecil sangat bertolak belakang dengan sapi impor yang dikenal sebagai sapi tipe besar. Macam-macam ras sapi impor yang populer sebagai sapi qurban antara lain sapi brahman cross, sapi limousin dan sapi Simmental.

Ketiganya mampu tumbuh dengan baik bahkan untuk ras limousin serta Simmental bisa tumbuh hingga lebih dari 1000 kg. Karena bobotnya yang besar, info harga hewan qurban di Depokuntuk ras sapi impor cenderung lebih mahal dari ras sapi lokal.

Karena perbedaan yang mencolok inilah yang membuat kehadiran sapi local seringkali dipandang sebelah mata termasuk oleh pengqurban. Harganya mungkin jauh lebih mahal, tapi pengqurban lebih menyukainya karena produksi daging yang berlimpah. Padahal bila dinilai dari segi kemudahan dan modal bisnis, beternak sapi lokal jauh lebih mudah dan murah daripada sapi impor.

Lantas, apa penyebab utama sapi lokal memiliki tubuh kecil dan bobot rendah? Penyebabnya karena adaptasi kehidupan. Sapi lokal yang lahir dan dibesarkan di tanah air sudah terbiasa dengan lingkungan termasuk musim tropis yang panjang. Kunci kesuksesan ras sapi lokal bertahan di musim tropis ditunjukkan dari postur tubuhnya yang kecil.

Sementara itu, memelihara sapi impor membutuhkan edukasi dan pengalaman yang banyak. Sistem manajemen dan perencanaan yang kurang matang akan membuat pertumbuhan dan perkembangan sapi impor kurang ideal.

Mau membeli sapi qurban atau kambing dan domba merupakan pilihan dari masing-masing pengqurban. Ketiganya memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri. Ada pun yang lebih penting dari jenis hewan qurban adalah ketulusan dan niatnya.

Harga Domba Qurban Terupdate Di Kandang Qurban

Kandang Qurban hadir untuk memberikan kemudahan pada para pengqurban. Di mana setiap pengqurban memiliki kesempatan yang sama untuk membeli domba qurban dengan harga yang terjangkau. Tidak kalah saing dari kambing maupun sapi, domba pun memiliki target marketingnya sendiri.

Buktinya saat memasuki lebaran Idul Adha, kebutuhan akan domba qurban tidak kalah jauh dari permintaan kambing maupun sapi. Menurut kualitasnya, domba memang setingkat lebih unggul bila kita bandingkan dengan daging kambing. Selain memiliki tekstur yang lembut, domba pun bisa diolah dengan sangat cepat. Sudah tertarik untuk pesan domba qurban di Kandang Qurban? Cari tahu lebih dahulu kisaran harganya.

  • Grade Platinum

Disebut sebagai grade platinum karena domba ini mampu menghasilkan bobot yang besar mencapai 32 kg- 35 kg. Bila disembelih dan diambil dagingnya tentu akan menghasilkan banyak daging qurban. Anda yang tertarik belanja domba ini wajib menyiapkan budget minimal Rp. 3.4 juta. Area pengiriman domba ini termasuk di daerah Kabupaten dan Kota Bandung.

  • Grade Gold

Sedikit lebih ringan dari grade domba sebelumnya, domba grade gold memiliki bobot minimal 28 kg. Mitra peternak yang menjalin hubungan kerja sama bersama Kandang Qurban menawarkan harga Rp. 3 juta untuk penjualan domba tersebut.

  • Grade Bronze

Mengintip daftar harga hewan qurban di Depok murah sudah menjadi salah satu kebiasaan dari para pengqurban. Salah satu hewan qurban yang paling banyak diintip kisaran harganya adalah domba grade bronze.

Domba ini memiliki ciri fisik yang unik dengan bobot minimal 20 kg. Untuk pemesanan domba grade bronze di Kandang Qurban silahkan hubungi kontak kami. Domba yang tersedia jumlahnya sangat terbatas, jadi pastikan untuk segera memesannya sekarang juga.

  • Domba Tanduk Tipe A

Domba tanduk merupakan salah satu ras domba yang banyak diminati oleh para peternak sebagai domba potong. Harga domba tanduk tipe A dengan kisaran berat 25 kg sekitar Rp. 2.5 juta.

  • Domba Tanduk Tipe B

Selanjutnya adalah domba tanduk tipe B yang memiliki perbedaan berat sebanyak 2 kg saja. Meskipun demikian untuk memperoleh domba ini, pengqurban tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga domba tanduk di pasaran Kandang Qurban sekitar Rp. 2.7 juta.

  • Domba Tanduk Tipe C

Semakin meningkat levelnya maka akan semakin baik pula kualitas dari domba tersebut. Jadi jangan merasa heran jika menemukan harga antara domba tanduk tipe A dan tipe C memiliki perbandingan yang mencolok. Harga domba tanduk tipe C sekitar Rp. 2.9 juta, akan tetapi Anda sudah mendapatkan domba berkualitas premium dengan bobot 30 kg.

  • Domba Tanduk Tipe D

Hampir sama dengan harga kambing qurban, harga domba untuk bobot 31-32 kg mencapai Rp. 3.1 juta. Kisaran harga ini masih terhitung normal dan wajar, karena memang di pasaran pun peternak menawarkannya dengan perkiraan harga tersebut.

  • Domba Tanduk Tipe E

Dan inilah jenis domba pamungkas yang bisa Anda temukan saat berbelanja di Kandang Qurban. Harga domba ini lebih mahal karena bobotnya 33 kg, siapkan saja dana mulai dari Rp. 3.3 juta.

Dan itulah daftar harga domba qurban yang ada di Kandang Qurban. Untuk detail daftar harga sapi termasuk harga hewan qurban di Depok dan area sekitarnya bisa ditemukan dengan mudah di Kandang Qurban. Silahkan browsing situs kami www.kandangqurban.com dan temukan domba maupun hewan qurban lainnya.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp