Daging Sapi Beku

Daging sapi beku –Daging sapi merupakan bahan baku makanan yang kaya akan protein yang sangat populer di seluruh dunia. Penggemar makanan dari daging sapi sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka sangat menyukai tekstur daging sapi yang empuk entah dimasak dengan cara dibakar, dipanggang maupun dibuat sup.

Perbedaan antara daging sapi beku impor dan daging sejuk

Disebut sebagai daging sapi impor karena daging tersebut diantarkan langsung dari luar negeri ke tanah air. Bentuk daging sapi impor ada dua yaitu sejuk dan beku. Meskipun sama-sama didinginkan terlebih dahulu, nyatanya ada beberapa perbedaan di antara kedua karakter daging tersebut:

  • Kandungan Protein

Daging impor sejuk akan mengalami vakum yang memungkinkan kandungan proteinnya untuk tetap tinggal bahkan mengalami perkembangan enzim. Berbanding terbalik dengan daging impor beku, di mana proses pembekuan yang dialaminya menyebabkan enzim mati sehingga tidak mampu untuk kembali berkembang.

  • Kesegaran

Perbedaan paling mencolok dari daging beku dan sejuk adalah kesegarannya. Frozen beef diyakini bukan jenis daging segar. Berbeda dengan daging sejuk yang mengalami proses kedap udara yang memungkinkannya untuk tetap segar hingga 10-28 hari ke depan.

  • Kualitas dan Harga

Menurut beberapa ahli daging, kualitas dari daging sapi sejuk jauh di atas frozen beef. Maka tidak heran jika harga daging sapi sejuk jauh lebih mahal daripada harga daging sapi beku. Meski demikian, daging sapi sejuk juga tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena akan menyebabkan teksturnya menjadi kering akibat terlalu banyak menyerap air.

Maka setelah mendapatkan daging sapi sejuk, akan lebih baik bila langsung mengolahnya. Jangan menyimpannya terlalu lama bahkan menunggu disajikan untuk acara tertentu. Daging sejuk wajib disimpan di dalam lemari es dengan temperatur 3-5o Celcius.

Tips mencairkan daging sapi beku yang dikeluarkan dari freezer

Saat seseorang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak, biasanya mereka akan menyimpan bahan makanan di dalam lemari es. Untuk sapi beku umumnya akan ditempatkan di dalam freezer. Lantas, bagaimana cara mengolah daging sapi yang baru dikeluarkan dari dalam freezer?

  • Fungsikan lemari pendingin sebagai pencair alami

Sebelum mengolah dagingnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencairkan daging beku. Daging beku bisa dicairkan dengan beberapa metode termasuk menggunakan cara sederhana ini.

Supaya cara ini berjalan dengan baik dan sukses, maka setting lemari pendingin di suhu 1-4,5 derajat Celcius. Agar tidak membasahi lantai atau meja, gunakan wadah untuk menyimpan daging. Proses pendinginan ini memakan waktu lebih lama dari yang kita bayangkan kurang lebih selama satu hari full.

Setelah daging beku benar-benar mencair di dalam lemari es, tunggu 3-5 hari sebelum mengolah dagingnya menjadi semur daging atau daging giling. Sehingga kualitas dagingnya tidak menghilang dan saat dimakan rasanya lezat dan empuk.

  • Cairkan Daging Menggunakan Air Dingin

Setelah memperoleh daging sapi dari tempat jual daging sapi cairkan dagingnya secara langsung menggunakan air dingin. Cara ini termasuk cara paling umum dan wajar bagi ibu rumah tangga. Agar tidak salah mengaplikasikannya, simak langkahnya berikut ini:

  • Tempatkan frozen beef pada kantong plastic (usahakan pilih yang anti-bocor).
  • Setelah itu isi bak air dengan air dingin yang bersih lalu rendam kantong plastik berisi dagingnya. Usahakan untuk selalu ditengok setiap 30 menit sekali, sekalian Anda mengganti airnya.
  • Untuk porsi frozen beef yang lebih kecil, waktu mencairkan daging hanya memakan waktu 60 menit. Sedangkan potongan frozen beef besar-besar akan memakan waktu lebih lama hingga 3 jam.
  • Setelah dagingnya mencair, frozen beef bisa langsung dimasak sesuai selera.
  • Memanfaatkan Microwave

Langkah terakhir yang turut dilakukan beberapa juru masak untuk mencairkan frozen beef tidak lain dengan menggunakan microwave. Bahkan cara mengolah daging sapi beku juga bisa dilakukan menggunakan alat masak super canggih ini:

  • Buka plastik atau kemasan daging dan biarkan daging dalam kondisi terbuka kemudian letakkan di atas piring (pastikan pilih piring yang bisa bertahan dengan suhu microwave).
  • Masukan daging ke dalam microwave dan cairkan dengan suhu rendah
  • Daging yang telah benar-benar mencair bisa langsung diambil untuk diolah kembali. Yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi kematangan daging, karena cara mencairkan menggunakan teknik ini umumnya membuat daging menjadi setengah matang.

Dari sekian banyak tips mencairkan frozen beef mana yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan? Jika memang memiliki microwave maka cukup gunakan teknologi dari mesin tersebut untuk mencairkan daging. Tapi pastikan, suhu yang digunakan harus pas. Jangan sampai daging sapi beku online Anda matang sebelum diolah dengan baik.

Belanja sapi sehat di Kandang Qurban

Sebelumnya telah dijelaskan beberapa informasi penting tentang perbedaan sapi impor beku dan sejuk. Lalu, beberapa teknik mencairkan frozen beef yang baru dikeluarkan dari dalam freezer.

Produksi frozen beef impor dan local terus tumbuh dengan baik di dalam negeri. Masyarakat bisa membeli frozen beef dengan sangat mudah baik di supermarket maupun secara online. Tapi, tahukah Anda jika produksi frozen beef itu berasal dari peternak sapi pedaging?

Peternak sapi pedaging di Indonesia mengemban tugas yang sangat berat, karena mereka tidak hanya dituntut untuk menghasilkan susu berkualitas. Tapi juga diharapkan untuk menghasilkan daging sapi yang berkualitas dan sehat.

Salah satu peternak sapi berkualitas yang semakin hari terus berkembang adalah Kandang Qurban. Kandang Qurban menawarkan sapi ternak untuk kebutuhan qurban atau konsumsi nasional. Di mana customernya datang dari mana saja, bukan hanya dari Jabodetabek tapi juga dari daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak lagi.

Proses belanja di Kandang Qurban sangat praktis dan nyaman, customer akan dipandu oleh customer service Kandang Qurban agar bisa menemukan sapi ternak terbaik. Menjelang Hari Raya Idul Adha, Kandang Qurban fokus melayani pembelian hewan qurban termasuk sapi qurban. Pasca lebaran usai, situs Kandang Qurban menerima pembelian sapi dan hewan ternak lainnya untuk investasi peternakan atau bahkan dijual kembali.

Kualitas sapi yang ditawarkan di Kandang Qurban tentunya jauh lebih baik daripada frozen beef, karena kami menjual sapi yang masih hidup. Sehingga daging yang akan dihasilkan adalah daging segar.

Sapi Kandang Qurban yang telah disembelih lantas dibekukan, kualitas dagingnya masih sama baiknya dari daging sapi segar. Karena dalam proses perawatan dan penggemukannya, Kandang Qurban bekerja ekstra hati-hati. Jadi, Anda tidak perlu khawatir cita rasa dagingnya akan berbeda atau berubah.

Bila ada masalah kesehatan pada sapi, dokter hewan ahli akan langsung terjun ke kandang untuk melakukan pengobatan. Silahkan langsung hubungi kami untuk pemesanan sapi. Di kandang qurban ada banyak sapi lokal yang dijual termasuk sapi bali yang mampu menghasilkan daging sapi beku dengan cita rasa berkualitas.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp