sapi qurban Jakarta

Sapi qurban Jakarta – Menjelang hari Raya Idul Adha, Presiden Jokowi membeli beberapa hewan qurban sapi yang kemudian disumbangkan di beberapa daerah Indonesia. Tentunya sapi yang dipilih ialah sapi yang berkualitas bahkan dibeli langsung kepada peternak sapi. Bahkan sapi yang dibeli Jokowi untuk penyembelihan tidak tanggung-tanggung harganya.

Cari tahu 9 jenis sapi qurban Jakarta dan area lainnya yang dibeli Jokowi untuk hewan qurban 2019

Selain karena kualitasnya bahkan beberapa diantara sapi tersebut diberi perlakuan dengan cukup baik seperti diberi alas tidur dan diberi obat cacing sehingga saat disembelih nanti masih dalam keadaan baik dan sehat. Begitu juga dengan sapi yang dibeli Jokowi yang mana sapi tersebut dirawat dan diberi perlakuan yang bagus. Nah, berikut beberapa jenis sapi yang dibeli oleh Jokowi:

  • Sapi Jenis Peranakan Ongole untuk Surabaya

Sapi yang berasal dari Gresik ini disumbangkan oleh Jokowi untuk disembelih di Masjid Agung Al-Akbar di Surabaya. Menurut informasi dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, sapi yang akan disembelih tersebut memiliki berat 1 ton. Sapi yang juga dikenal dengan Sapi Jawa ini dibeli dari peternak dari Desa Pangkah Kulon, Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Sapi yang berusia 4 tahun tersebut memiliki tinggi 160 cm dan panjang badan 176 cm serta lingkar dadanya 226 cm.

  • Sapi jenis Simental untuk Masjid Nur Ma’unah Yogyakarta

Jokowi juga mengirim sapi untuk disembelih di Masjid  Nur Ma’unah., Watugilang B. Mulusan, Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta dengan berat 1 ton. Sapi tersebut perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan  dan waktu makan. Harga sapi tersebut diperkirakan mencapai 100 juta rupiah dengan beratnya 1,1 hingga 1,2 ton. Untuk mengetahui harga sapi Jakarta mungkin bisa mengunjungi tempat jual sapi qurban Jakarta.

  • Sapi Limosin untuk Bengkulu

Sapi ini memiliki berat 1,2 ton yang berukuran besar yang disumbangkan oleh Jokowi untuk Bengkulu di Masjid Jami di Jl. Jend. Sudirman, kabupaten Bengkulu Selatan. Penyerahan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Bengkulu. Meskipun biasanya hewan disembelih di masjid Baitul Izzah di kota Bengkulu namun ini dilakukan dengan tujuan pemerataan. Harga sapi yang dibeli di Peternakan sapi Kabupaten Seluma ini seharga 64 juta rupiah.

  • Si Black untuk Yogyakarta

Sapi yang dibeli Jokowi dengan harga 100 juta rupiah ini memiliki berat 1 ton dimana dirawat secara intensif oleh pemilik sapi. Sapi yang sudah dipelihara 3 tahun yang lalu diperlakukan dengan baik, asupan gizinya bahkan diberikan vitamin juga. Pemiliknya biasanya memberi makan ampas tahu, bekatul, ketela dan folat. Juga diberi obat cacing untuk pertumbuhan yang baik dan bebas cacingan. Begitu juga dengan masalah kandang dimana pemiliknya cukup peduli dengan kebersihan hingga sapi tersebut dimandikan minimal dua kali dalam satu minggu. Harga sapi qurban umumnya tinggi sehingga mungkin agak susah jika ingin mendapatkan harga sapi qurban Jakarta murah.

  • Sapi Mike Tyson untuk Sulawesi Barat

Untuk daerah Sulawesi Barat juga disumbangkan oleh jokowi dengan berat sapinya 1 ton yang dibeli dengan harga 85 juta rupiah. Sapi ini memiliki panjang 2 meter yang berusia 3 tahun. Disebut Mike Tyson karena ukuran tubuh sapi tersebut super jumbo sehingga diberi nama petinju. Sapi ini diberi makan sebanyak dua x dalam sehari untuk menjaga berat badannya. Makanannya berupa campuran batang pisang, ampas tahu dengan pakan rumput hijau. Kebersihannya juga dijaga dengan dilakukan pemandian rutin sebanyak 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Kenyamanan tidur sapi Mike Tyson ini juga dijaga dengan disediakan alas tidur dari karpet hitam.

  • Sapi untuk sembelih di Pondok Pesantren di Konawe Selatan

Sapi ini telah dipelihara 4 tahun oleh pemiliknya dengan jenis peranakan ongole yang memiliki berat 750 kg. Jokowi membeli sapi tersebut seharga 45 juta rupiah. Sapi yang akan disumbangkan presiden untuk penyembelihan di Pesantren Gontor Putri di Desa Lamomea, Kecamatan  Konda, Kanowe Selatan. Untuk mengetahui harga sapi qurban Jakarta bisa mengunjungi langsung tempat peternakan atau pemilik sapi tersebut. Karena bisa jadi harga setiap sapi tersebut berbeda apalagi jika jenisnya berbeda. Juga dilihat dari ukuran dan umur hewan ternak tersebut.

  • Sapi untuk warga Bitung

Sapi ini disumbangkan  untuk warga Bitung yang disembelih di Masjid Ribaathul Quluub, Kota Bitung yang memiliki berat 750 kg. Sapi jantan putih ini dibeli dari desa Tounelet, kecamatan Langowan Barat, Minahasa yang memiliki tinggi badan 147 cm, panjang badan 167 cm dengan lingkar dada yang dimilikinya 215 cm. Sapi ini juga terlihat sehat, berotot dan tegap.

  • Sapi untuk warga Palembang

Jokowi juga menyerahkan sapi jenis ongole untuk disembelih di masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.  Berat sapi tersebut 1,1 ton yang dibeli dari peternakan Dwi Karya di Jalan Pangeran Ayin, Sumatera Selatan. Sapi yang berusia 10 tahun tersebut dibeli dengan harga 85 juta rupiah. Makanannya berupa ampas uni, kulit nanas, dedak, ampas tahu dan juga diberikan vitamin.

  • Sapi untuk warga Surakarta

Sapi jenis simental ini juga dibeli Jokowi untuk disembelih di Masjid Agung Surakarta dan Masjid A-Wustha di Surakarta Juga. Sapi yang dibeli dengan harga 171 juta rupiah ini masing-masing memiliki berat 1,4 ton dan 1,3 ton. Untuk jenis sapi qurban Jakarta bermacam-macam seperti sapi yang dipilih Jokowi untuk disembelih ada beraneka ragam.

Inilah 5 fakta sapi qurban Jokowi jenis limosin dari Bengkulu

Sapi yang disumbangkan untuk daerah Bengkulu memiliki berat 1.2 ton dengan harga yang tinggi dan kualitas yang bagus. selain karena berasal dari ras yang bagus, sapi limosin juga memiliki 5 fakta yang mungkin jarang diketahui banyak orang.

  • Ras asli Perancis

Sapi limosin berasal dari ras asli negara Perancis dari daerah Marche dan Limosin dengan beratnya hingga berton-ton. Peminat sapi ini memang cukup banyak bahkan lebih dari 70 negara yang telah mengembangbiakkan sapi jenis limosin ini. Selain karena mudah beradaptasi, alasan lain dikembangbiakkan sapi ini karena mudah dilakukan.

  • Ras sapi yang paling tua di dunia

Ras sapi ini juga merupakan ras sapi yang paling tua di dunia karena ada lukisan di gua Perancis Kuno. Dan ada gambar yang mirip dengan sapi jenis limosin dan juga pembuktian dulunya manusia hidup bersama dengan sapi limosin. Meskipun telah ditemukan bahwa dalam gambaran tersebut bukan sapi limosin tetapi sapi lain namun dari segi genetika memiliki persamaan dengan sapi limosin. Sapi jenis limosin juga bisa dijadikan untuk  sapi kurban Jakarta.

  • Pakan berkualitas

Sapi limosin memakan pakan tertentu dan berkualitas serta tidak memakan pakan yang sembarangan. Namun peternak rela mencarikan rumput kualitas yang baik untuk diberikan kepada sapi tersebut ataupun digembala. Selain itu juga dirawat dengan baik seperti dimandikan, diberi makan dan dijaga kebersihannya. Bahkan ada juga peternak yang tidak membawa sapi limosin ini untuk membajak sawah.

  • Memiliki antibodi yang tinggi

Sapi limosin memiliki sistem imun yang bagus sehingga juga bagus dijadikan untuk hewan qurban. Karena lebih bagus antibodinya dibandingkan sapi pada umumnya atau sapi biasa, maka penyakit yang umumnya menyerang sapi biasa juga tidak ditemukan pada sapi jenis limosin. Namun, memberikan vaksin kepada sapi tetap merupakan hal yang penting. Apalagi saat ada gejala sapi tersebut bertingkah dan menunjukkan gejala yang tidak biasanya. Sehingga sapi jenis limosin dijadikan sebagai salah satu sapi qurban Jakarta untuk Idul Adha.

  • Ras asli memiliki bulu emas

Meskipun ada juga yang mengklaim bahwa sapi limosin memiliki bulu yang berwarna coklat, putih dan hitam. Tetapi pada dasarnya warna asli bulu dari sapi limosin ini berwarna emas. Seperti yang dicantumkan pada buku ternak Perancis yang mengatakan bahwa tidak ada warna lain pada bulu sapi limosin tersebut. Berarti tidak adanya warna hitam, coklat ataupun putih. Melihat beberapa fakta tentang sapi limosin yang bagus ini sehingga tidak salah jika dijual dengan harga yang tinggi dan bagus dijadikan untuk hewan qurban.

Susahnya membuat sapi qurban Jokowi jinak

Selain menyumbangkan beberapa jenis sapi untuk beberapa daerah di Indonesia, Jokowi juga berqurban di Masjid Agung Solo dengan satu ekor sapi yang memiliki berat 1.5 ton. Sapi dari jenis simental yang berukuran besar dan berat tersebut susah saat panitia ingin memotongnya bahkan dibutuhkan banyak orang  untuk membantu menjinakkan sapi tersebut dan membantu penyembelihan. Bagi yang ingin beli sapi qurban Jakarta bisa mengunjungi lokasi peternakannya atau bisa langsung bertanya kepada pemiliknya mengenai kondisi sapi yang akan dipilih nantinya.

Penyerahan sapi tersebut dilakukan oleh Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo kepada Ketua Takmir di Masjid Agung Solo. Sapi tersebut yang nantinya akan disembelih dan dagingnya dibagikan untuk masyarakat. Kata Ketua Takmir masjid tersebut bahwa ada 9 ekor sapi yang disembelih dan salah satunya sapi milik Pak Jokowi serta ada 20 ekor kambing. Beliau juga mengatakan bahwa sapi milik Jokowi  yang disembelih memiliki berat 1.5 ton. Sedangkan berat bersih dari dagingnya kurang lebih 900 kilogram serta dibagikan untuk masyarakat sebanyak 1800 bungkus.

Hewan qurban milik Jokowi membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk proses penyembelihan. Begitu juga agar sapi tersebut mampu direbahkan  dibutuhkan tidak sedikit orang, bahkan sampai puluhan orang. Bahkan sapi qurban ini lebih berat dibandingkan sapi yang digunakan untuk qurban pada hari Raya Idul Adha lalu. Sapi tersebut dibagikan kepada masyarakat Solo yang kurang mampu.

Setelah membaca artikel di atas, yang bisa disimpulkan adalah dalam memilih hewan untuk qurban tidak dilakukan dengan sembarangan. Perlu mengetahui dengan jelas bagaimana kondisi kesehatannya, kebersihan serta ada organ tubuhnya yang cacat atau tidak.

Sekian artikel tentang jenis-jenis sapi yang dibeli Jokowi, bagaimana susahnya menjinakkan sapi yang akan disembelih milik Jokowi. Begitu juga bisa digunakan atau dipilih banyak jenis untuk sapi qurban Jakarta yang tentunya harganya bervariasi. Untuk mengetahui kondisi sapi yang akan dibeli bisa ditanyakan langsung kepada pemilik atau peternak sapi tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required

Telepon
Whatsapp